TIPS MENYEIMBANGKAN KARIER DAN KELUARGA BAGI PEREMPUAN

Oleh Indira Suwarno

BERITA DUNIA23 July 2021

Tips Menyeimbangkan Karier dan Keluarga bagi Perempuan

Image hanya ilustrasi

 

Saat ini, perempuan bekerja bukanlah sesuatu yang asing lagi. Bahkan, banyak temuan yang menyebut bahwa perempuan lebih mudah mendapatkan pekerjaan ketimbang laki-laki karena berbagai faktor. Apalagi untuk pekerjaan informal seperti penjaga toko, pelayan rumah makan, maupun pengasuh bayi. Perempuan lebih diminati oleh pihak pemberi kerja karena dinilai lebih teliti dan sabar.

 

Sayangnya, meski ada pergeseran paradigma bahwa kini perempuan boleh memiliki karier sendiri, namun untuk urusan rumah tangga, paradigma lama tetap berlaku. Perempuan tetap diharapkan untuk mengurus rumah, mengasuh anak, dan mengatur segala persoalan rumah tangga.

 

Alhasil, perempuan pun mendapatkan beban ganda. Beban di kantor atau di pekerjaan, ditambah dengan beban di rumah.

 

Kondisi ini kian parah saat pandemi Covid-19 tiba. Beban sekolah anak juga diberikan kepada orang tua karena sekolah ditutup. Banyak perempuan yang mengeluh karena suami tak mau tahu soal pendidikan anak-anak mereka. Dengan demikian, perempuan mendapatkan tambahan beban baru, yakni menjadi guru sekolah anak di rumah.

 

Tentu semua beban ini menciptakan stres maupun gangguan pada kesehatan mental. Lambat laun, semua beban itu akan menciptakan kelelahan terus menerus dan menurunkan produktivitas kerja.

 

Untuk menghindari itu, diperlukan keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi, atau yang sering disebut work life balance. Bagi para perempuan bekerja, work life balance bukanlah sebuah mitos belaka. Jika bisa mengatur semua tanggung jawab dan peran yang Anda miliki dalam kehidupan sehari-hari, niscaya work life balance akan bisa didapatkan.

 

Berikut ini adalah beberapa Langkah yang bisa dicoba untuk memulai upaya mendapatkan work life balance impian.

1. Beradaptasilah dengan Diri Sendiri

  • Kenali perasaan yang Anda miliki, apakah itu perasaan negatif, positif, atau netral. Semua perasaan itu perlu diekspresikan, lho supaya tidak menjadi beban.
  • Turunkan ekspetasi pada diri sendiri. Ingat, kesempurnaan itu hanyalah milik Tuhan. Jadi, bukanlah sebuah masalah besar jika Anda tidak sesempurna atau seproduktif yang Anda kira. Jangan maksa, kerjakan saja semua beban sebaik mungkin dengan sumber daya yang Anda miliki.
  • Maafkan diri sendiri jika Anda berbuat salah. Don't be too hard on yourself.

2. Mulailah Merawat Diri Sendiri

  • Ciptakan batasan beban yang mampu Anda lakukan sehingga Anda tidak mengerjakn sesuatu yang melebihi kapasitas pribadi.
  • Beristirahat aau ambil waktu rileks sejenak di tengah kesibukan itu boleh-boleh sajarawat dan mencicntai diri sendiri akan membantu Anda maksimal dalam pekerjaan.

3. Organisir Seluruh Pekerjaan dan Tugas dengan Baik

  • Buatlah jadwal yang tersusu rapi tapi fleksibel.
  • Ciptakan jeda di antara beberapa aktivitas supaya Anda tidak kelelahan.
  • Sederhanakan agenda kegiatan Anda dengan meletakkan prioritas penting di deret paling atas.
  • Mencari asisten atau bantuan itu boleh-boleh saja lho. Bagilah tugas dan beban yang Anda miliki kepada mereka. Sehingga Anda bisa "bernapas" sejenak.

4. Jangan Lupakan Teman dan Keluarga

  • Evaluasi siapa saja yang Anda inginkan untuk bersosialisasi dan lewat jejaring mana. Apakah melalui media sosial atau arisan sebulan sekali?
  • Di tengah kesibukan yang bertumpul, jangan segan memotong hubungan pertemanan yang toxic dan tidak bermanfaat. Lebih baik fokus pada jhubungan yang membuat Anda rileks, senang, dan menambah pengetahuan.
  • Hubungi teman atau keluarga yang bernasib sama dengan Anda. Sekadar saling curhat atau menghibur, enggak ada salahnya, kan?

5. Libatkan Keluarga dalam Aktivitas Anda

  • Ajari anak untuk mengerjakkan tugas-tugas rumah tangga yang sederhana sejak kecil. Ini akan membuat mereka mandiri dan mengurangi beban Anda dalam urusan rumah tangga.
  • Bagi beban kerja dengan suami. Ingatkan bahwa rumah tangga melibatkan dua orang tua, yakni Anda dan suami. Dengan femikian, segala beban seharusnya dibagi dua dan dikerjakan bersama. Apalagi, Anda dan suami juga sama-sama bekerja mencari nafkah, bukan?

 

Baca Juga : Work Life Balance bagi Perempuan

 

Hingga kini, belum ada tanda-tanda pandemi akan segera berakhir. Tentu beban ganda perempuan bekerja di tengah pandemi juga belum akan berakhir. Ditambah dengan perpanjangan PPKM Darurat, wajar jika semua pihak merasakan beban dan stres yang lebih berat.

 

Padahal, untuk mengakhiri pandemi, yang berujung pada stres serta beban tambahan, dibutuhkan partisipasi semua pihak, bukan hanya pemerintah. Salah satunya dengan menaati protokol kesehatan yakni memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan, serta mengikuti program vaksinasi Covid-19.

 

Hal itu selaras dengan imbauan yang diucapkan Ketua DPR RI Puan Maharani. Sebagai perempuan bekerja, Puan paham betul dengan kondisi yang terjadi di tengah masyarakat saat ini, terutama kaum Hawa.

 

Ia yakin kondisi dan penanganan Covid-19 akan membaik jika pemerintah konsisten dan tegas, serta masyarakat ikut berpartisipasi.

 

"Keberhasilannya sangat ditentukan oleh partisipasi masyarakat dalam menyukseskan PPKM Darurat. Marilah kita bulatkan tekad untuk mengakhiri situasi darurat ini. Kita pasti bisa," ujar Puan yang dikutip dari situs Liputan6.com.

 

Puan meminta PPKM Darurat diimplementasikan dengan baik dan disiplin. Ia juga mengingatkan pemerintah sebelumnya untuk menekan tombol darurat untuk penanganan Covid-19.

 

"Semua pihak terkait harus membantu agar PPKM Darurat dilaksanakan dengan sempurna, tegakkan aturan, tidak berhenti sebagai kebijakan di atas kertas," ujar Puan.

 

 

PPKM Darurat diambil pemerintah untuk menekan laju pertambahan kasus positif Covid-19. Jika kasus menurun dan pandemi berakhir, semua beban dan stres yang dirasakan semua pihak, termasuk perempuan bekerja, akan berkurang. Setidaknya, beban ganda mengerjakan segala sesuatu di rumah akan terangkat. Selamat mencoba!

 

Bagikan artikel ini:

Lihat artikel lainnya

3 WANITA HEBAT DAN BERPENGARUH DI INDONESIA

Menjadi seorang wanita hebat Indonesia yang menduduki peran penting dalam sebuah negara bukanlah sesuatu yang mudah. Anda harus memiliki…

BERITA DUNIA02 July 2021

YUK, BEROLAHRAGA UNTUK KESEHATAN MENTAL!

Di tengah pandemi Covid-19 seperti saat ini, kesehatan mental menjadi salah satu aspek yang sering dibahas. Pasalnya, pandemi membuat…

BERITA DUNIA17 July 2021

ASPEK PENTING DALAM PEMBERDAYAAN PEREMPUAN

Perempuan adalah penggerak bangsa. Sebagai bagian penting bagi pembangunan bangsa, perempuan telah mengambil berbagai peran di berbagai…

BERITA DUNIA22 September 2021