PUAN MAHARANI PERNAH ME-LOCK-DOWN MEGAWATI

Oleh Adya Kananga

BERITA DUNIA01 November 2021

Foto Artikel Puan Maharani Pernah Me-lock-down Megawati

Source: shutterstock.com

Hubungan seorang ibu dan anak perempuan sangatlah penting. Dari ibu lah kecerdasan seorang anak akan menurun. Ibulah yang mengajarkan anak perempuannya atas berbagai macam hal. Ibu juga mengajarkan anak perempuannya bagaimana bisa membawa dirinya dalam dunia yang cukup kompleks. Ibu juga biasanya teman baik pertama seorang anak perempuan yang membimbingnya sepanjang hidup.

Ketika anak perempuan tumbuh dewasa, biasanya anak perempuan akan melihat ibunya. Seorang ibu akan menjadi role model dan sering kali seorang anak perempuan berharap bisa seperti ibunya.  Anak perempuan yang memiliki hubungan baik dengan ibunya akan berdampak pada kepercayaan diri, penghargaan diri, dan kemampuannya bersosialisasi.

Hubungan anak dan ibu yang hangat ini juga dimiliki oleh dua tokoh perempuan Indonesia, Megawati Soekarno Putri dan anaknya Puan Maharani. Megawati, presiden Republik Indonesia yang kelima, memiliki hubungan yang cukup erat dengan anak-anaknya termasuk Puan Maharani. Puan adalah anak ketiga dan anak perempuan satu-satunya Megawati.

Peran Megawati dalam mendidik anak-anaknya memang tak perlu diragukan lagi. Megawati secara langsung mendidik anaknya bukan hanya soal kepribadian tetapi juga beliau mendidik agar anak-anak dan cucu-nya melanjutkan perjuangan cita-cita bangsa Indonesia.

Dalam hal tersebut, misalnya saja, Megawati terus mengingatkan cita-cita bangsa dan perjuangan panjang kemerdekaan Indonesia. Megawati melakukan hal tersebut dengan berbagai cara. Misalnya saja, kerap kali Megawati mengunjungi makam pahlawan dan selalu mengajak anak-anak serta cucunya ikut berziarah.

Dikutip dari kumparan.com, Megawati bercerita, "Saya sering kali katakan kepada anak-anak muda. Cucu-cucu saya pun, kenapa kalau saya pergi ke taman makam pahlawan, saya sering bawa cucu. Waktu kecil [anak saya] Mbak Puan, Mas Prananda [saya bawa ke taman makam pahlawan],".

Saat berkunjung ke taman makam pahlawan, Megawati mengingatkan anak-anaknya bahwa kemerdekaan Indonesia adalah hasil perjuangan para pahlawan. Kemerdekaan Indonesia bukanlah hadiah dari penjajah Belanda, Jepang, atau lainnya.

"Bahwa kemerdekaan kita tidak hanya diberikan oleh waktu itu apakah oleh Belanda atau oleh Jepang. Tapi benar-benar kita perjuangkan sendiri dengan pengorbanan. Itulah buktinya mereka yang telah memberikan baktinya, di mana tertera di taman makam pahlawan," pungkasnya seperti yang dilansir artikel yang sama. Oleh karena itu, kita perlu menghargai kemerdekaan Indonesia dengan berbagai cara agar Indonesia bisa semakin maju.

Hubungan Puan dengan Ibunya pun semakin erat di masa pandemi ini. Dalam masa Pandemi COVID19, Puan pun bersungguh-sungguh menjaga ibunya dari penyebaran virus tersebut. Megawati yang biasanya sibuk kesana kemari, sempat dilarang untuk pergi kemana pun oleh Puan. Selama lebih dari 1,5 tahun, Megawati melakukan social distancing di rumah saja.

Dikutip dari pikiran-rakyat.com, Megawati menceritakan peran Puan Maharani saat menjaganya di masa pandemi COVID19. "Mba Puan itu, saya panggilnya Mba Puan, sudah 1 tahun 9 bulan sebagai anak me-lockdown ibunya, tidak boleh ke mana-mana, itu namanya anak sayang ibu," tutur Megawati dalam sambutannya yang disiarkan secara virtual di akun YouTube DPP PDIP, Jumat, 24 September 2021.

Peran orang tua dalam kesuksesan anak memang sangat besar. Dengan gemblengan orang tuanya, kini Puan Maharani telah tumbuh menjadi pribadi yang kuat dan bersahaja. Ia menjunjung tinggi ideologi bangsa dan pesan-pesan dari para pendiri bangsa. Dalam setiap kesempatannya, Puan menekankan pentingnya ideologi Pancasila dan dasar-dasar negara.

Bagikan artikel ini:

Lihat artikel lainnya

YUK, JAUHI HATE SPEECH DI DUNIA MAYA!

Baru-baru ini netizen dihebohkan dengan aksi selebgram Rachel Venya yang mengunggah status Instagram tentang kekesalannya kepada sebuah…

BERITA DUNIA09 September 2021

PEMBERDAYAAN PEREMPUAN ALA KARTINI

RA Kartini adalah salah satu pahlawan perempuan yang paling luar biasa jasanya bagi perempuan Indonesia. Kartini dihargai atas perannya…

BERITA DUNIA23 September 2021

4 PEREMPUAN HEBAT DALAM BIDANG SOSIAL BUDAYA

Perjalanan perempuan untuk menjadi sosok yang hebat dan berpengaruh besar secara umum cukup panjang dan terjal. Hal ini tak lepas…

BERITA DUNIA02 July 2021