PUAN MAHARANI: CITA-CITA UNTUK INDONESIA

Oleh Adya Kananga

BERITA DUNIA01 October 2021

foto-artikel-puan-maharani-cita-cita-untuk-indonesia

Source: shutterstock.com

Setiap orang mungkin memiliki cita-cita dan harapan atas negara di tempat mereka lahir dan dibesarkan. Begitu pula Puan Maharani, seorang Ketua DPR RI, yang memiliki cita-cita besar atas Indonesia.

Puan Maharani adalah salah satu figur pemimpin politik di Indonesia yang cukup berprestasi. Ia lahir keluarga yang aktif di dunia politik di Indonesia sejak masa kemerdekaan. Ia merupakan cucu dari Bapak Proklamasi Indonesia, Soekarno. Neneknya, Fatmawati, adalah ibu negara pertama Indonesia yang juga memiliki peran besar di momen kemerdekaan Indonesia.

Puan dilahirkan dari orang tua yang juga berkecimpung di dunia politik Indonesia. Ibunya, Megawati Soekarno Putri, adalah presiden Indonesia kelima sekaligus presiden perempuan pertama dan hingga kini satu-satunya presiden perempuan di Indonesia. Ayahnya juga tokoh politik yang sudah malang melintang di dunia politik yaitu Taufiq Kiemas yang pernah menjabat sebagai Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat RI.

Meskipun dilahirkan dalam keluarga politik, awalnya Puan tidak ingin ikut berkecimpung di dunia tersebut. Orang tuanya berkali-kali menawarkannya untuk mempelajari dan ikut aktif di dunia politik. Namun ia selalu menolaknya. Saat itu, ia enggan karena melihat orang tuanya selalu sibuk dan capai mengurusi orang lain.

“Awalnya memang ngga suka banget,” ujar Puan dalam sebuah video youtube bersama presenter dan youtuber Boy William.

Sampai akhirnya tidak lama setelah ia menikah, ayah Puan kembali mengajaknya untuk bergabung di dunia politik. Hati Puan pun akhirnya tergerak untuk ikut memperjuangkan bangsa Indonesia melalui jalur politik.

Dalam video Youtube tersebut, Puan berujar, “Akhirnya saya mulai lah masuk politik. Ternyata I love it, it’s fun. I am enjoying it.”

Dalam video yang sama, Boy William diajak berkeliling gedung DPR MPR RI, termasuk kantor Ketua DPR RI. Ia menjadi satu-satunya kalangan artis yang pernah masuk ke dalam ruangan tersebut. Puan pun dengan ramah mengajak Boy duduk di bangku ruang paripurna. Saat itu, presenter dan youtuber itu terlihat sangat senang diajak mengelilingi gedung tersebut.

Dalam obrolannya, Puan yang merupakan perempuan berdarah minang ini juga ditanya tentang cita-citanya soal Indonesia. Ia mengatakan bahwa ia memiliki cita-cita Indonesia akan bisa memberikan kesejahteraan bagi masyarakat dan rakyatnya.

“Indonesia yang aman tentram adil makmur. Indonesia yang diimpikan oleh founding father, Indonesia yang bisa maju, rakyatnya cinta indonesia. Semangat gotong royong tanpa membedakan suku agama dan lain-lain. Indonesia yang benar-benar merah putih.” ujarnya dalam video tersebut.

Dalam kesempatan lainnya di acara upacara wisuda virtual Universitas Sam Ratulangi, ia juga mengutarakan cita-cita Indonesia yang teguh dengan kebhinekaan untuk menjaga persatuan bangsa. Dilansir dari dpr.go.id, ia mengajak seluruh elemen bangsa untuk mewujudkan cita-cita kemerdekaan bangsa.

“Agar kita dapat dengan yakin melangkah maju, mewujudkan cita-cita kemerdekaan bangsa,” ujar cucu proklamator Indonesia tersebut.

Kini Puan masih terus memperjuangkan kemajuan bangsa Indonesia melalui perannya sebagai Ketua DPR RI. Dengan jabatan tersebut, Puan memiliki lebih banyak kesempatan untuk memperjuangkan cita-cita bangsa Indonesia.

“Satu hal yang saya resapi sejak hari saya dilantik sebagai Ketua DPR, bahwa saya harus terus menjaga dan memperjuangkan cita-cita kemerdekaan yang diinginkan para founding fathers kita dan pejuang-pejuang terdahulu," tuturnya dalam perayaan Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI yang diliput dalam liputan6.com.

"Bahwa negeri yang merdeka ini harus berdaulat secara politik, berdikari secara ekonomi dan berkepribadian dalam budaya bangsanya," sambung Puan.

Bagikan artikel ini:

Lihat artikel lainnya

CARA MENGATASI BURNOUT DALAM KARIR PEREMPUAN

Perempuan adalah ahli dari berbagai keahlian. Perempuan adalah pengasuh, edukator, koki, akuntan, dan sebagainya, yang bahkan di luar…

BERITA DUNIA16 July 2021

CITA-CITA BELUM TERCAPAI? JANGAN MENYERAH DULU!

Banyak perempuan yang merasa hidupnya selesai saat menikah dan menjadi ibu. Bahkan, tak sedikit yang merasa kehilangan identitas dirinya…

BERITA DUNIA16 August 2021

MANFAAT MEMBACA BUKU BAGI PEREMPUAN

Kemampuan membaca adalah salah satu keahlian sangat bermanfaat bagi perempuan. Melalui membaca perempuan bisa memiliki pengetahuan…

BERITA DUNIA04 September 2021