PUAN MAHARANI: ANTARA KERJA DAN KELUARGA

Oleh Maulita Iqtianty

BERITA DUNIA06 October 2021

Puan Maharani: Antara Kerja dan Keluarga

Source: shutterstock.com

Sudah menjadi rahasia umum bahwa kaum perempuan adalah golongan yang andal dalam ber-multitasking ria. Dalam kehidupannya, seorang perempuan menyandang banyak peran. Sebagai ibu, sebagai anak perempuan, sebagai istri, dan tak jarang juga sekaligus sebagai pekerja atau pengusaha.

Hal ini juga dialami oleh Puan Maharani yang juga menyandang berbagai status dalam kehidupannya. Seorang ibu, istri, anak perempuan, dan juga politisi.

“Buat saya menjadi seorang ibu dan istri itu adalah suatu kodrat dari seorang perempuan. Hal yang perlu diperhatikan dan penting dilakukan adalah bagaimana memiliki quality time dan menjaga keseimbangan antara pekerjaan dan kodrat kita sebagai perempuan, istri, dan ibu,” tutur Puan seperti dikutip dari Okezone.

Posisinya sebagai Ketua DPR perempuan pertama di Indonesia, tentu membuat kesibukannya semakin bertambah sehingga waktu dengan keluarga berkurang.

Saat masih menjabat sebagai menteri saja, Puan pernah bercerita bahwa kegiatan keluarga hanya bisa dilakukan Sabtu dan Minggu sehingga waktu untuk beristirahat juga jadi kurang. Ia juga pernah membandingkan, sebelum jadi menteri maka setiap hari bisa bertemu dengan anak-anaknya di rumah sebelum jam 7 malam. Tapi, saat menjabat sebagai menteri, maka kondisinya berbeda. “Setelah jadi menteri baru pulang jam 10, kadang kala jam 11 malam," ujarnya dilansir dari Jawapos.com.

Dengan jadwalnya yang semakin padat, mau tak mau, Puan harus mengakali agar dapat membagi waktu antara kerja dan keluarga.

Masih dari artikel yang sama, Puan membagikan tipsnya, “Saya lebih banyak berinteraksi dengan keluarga menggunakan waktu yang sedikit, tapi berkualitas. Contohnya, setiap dua kali dalam setahun, anak-anak libur. Di hari itu, saya berusaha menjadwalkan jadwal kerja untuk berlibur bersama keluarga,” terangnya.

Lebih lanjut Puan menuturkan, ada hari khusus di mana dirinya dan keluarga harus selalu berkumpul untuk berbagi.

“Kalaupun ada kerjaan yang harus dikerjakan hingga larut malam, tentu saja saya akan berusaha setiap weekend selalu bersama keluarga,” tambahnya.

Demikian halnya di bulan puasa atau momen spesial lainnya. Mengutip dari wawancaranya dengan Tribunnews, Puan mencontohkan saat di bulan Ramadan, maka berbuka puasa dengan keluarga menjadi kewajiban dalam keluarganya. Memang, dengan semakin melesatnya karier politik Puan, pasti ada 1-2 hari di mana ia harus tetap bekerja.

“Saya biasanya batalin dulu bareng keluarga, setelah itu baru lanjut aktivitas lagi”, ujarnya.

Ya, bagi Puan, keluarga adalah segalanya. Hal ini mungkin karena didikan yang ia terima dari kedua orangtuanya, alm. Taufik Kiemas dan Megawati. Sebagai anak bungsu dan perempuan satu-satunya, ia mengaku bahwa dirinya adalah anak yang paling dimanja oleh kedua orangtuanya. Karena kedekatannya itu, Puan mengetahui berbagai peristiwa yang dialami orangtuanya. "Bahwa ada mama, papa dan saya. Jadi ya sudah, kalau orang lain bisa dipecah-pecah, dipisah-pisah, kami tidak akan bisa dipecah," ujarnya dalam sebuah kesempatan pada Kompas.com.

Bagi Puan, Taufiq dan Megawati ibarat dua sayap yang melindunginya, kendati kesibukan keduanya yang saat itu sangat luar biasa. Belajar dari orangtuanya, Puan sangat menghargai waktu dengan keluarga.

“Intinya yang penting bagaimana mengatur kualitas waktu bersama keluarga. Jadi, bukan hanya berapa banyaknya, tapi kualitasnya,” tutupnya.

Bagikan artikel ini:

Lihat artikel lainnya

WORK LIFE BALANCE BAGI PEREMPUAN

Semakin ke sini, sudah lazim rasanya perempuan memiliki peran ganda. Apalagi, bagi perempuan yang sudah menikah dan berkeluarga. Mereka…

BERITA DUNIA12 July 2021

YUK, JAUHI HATE SPEECH DI DUNIA MAYA!

Baru-baru ini netizen dihebohkan dengan aksi selebgram Rachel Venya yang mengunggah status Instagram tentang kekesalannya kepada sebuah…

BERITA DUNIA09 September 2021

PEREMPUAN MEWUJUDKAN KESETARAAN GENDER

Kemajuan sebuah peradaban dalam masyarakat sangat tergantung pada peran perempuan. Perempuan mengambil peran dalam berbagai bidang.…

BERITA DUNIA14 September 2021