PEREMPUAN LEBIH KUAT MENGHADAPI PANDEMI?

Oleh Maulita Iqtianty

BERITA DUNIA27 July 2021

Perempuan Lebih Kuat Menghadapi Pandemi

Image hanya ilustrasi

Perempuan Lebih Kuat Menghadapi Pandemi?

 

Apakah ada yang pernah mendengar istilah man flu? Melansir dari Halodoc, Istilah “man flu” sudah ada di dalam kamus Oxford dan Cambridge. Kamus Oxford mendefinisikan istilah ini sebagai reaksi berlebihan laki-laki terhadap gejala flu dan demam yang dialaminya. Hal ini diyakini berkaitan dengan kekebalan tubuh laki-laki yang berbeda dengan perempuan.

 

Dari banyak studi, kaum Adam memang disinyalir memiliki imunitas yang lebih rendah dibandingkan perempuan. Hal ini termasuk dalam pandemi yang saat ini sedang dialami, Covid19.

 

Di sebuah artikel yang diterbitkan oleh Kompas, Ahli psikologi Universitas Indonesia (UI) Hamdi Muluk mengatakan, laki-laki lebih rentan terpapar virus Covid-19 dibandingkan perempuan. Hal itu, menurut Hamdi, berdasarkan studi yang dilakukan di 59 negara dan World Health Organization (WHO). Berdasarkan hasil studi tersebut, konsisten tercatat persentase laki-laki terpapar Covid-19 di atas 59 persen pada tiap negara.

 

Kalau melihat secara umum, ada beberapa hal yang menyebabkan hal ini seperti misalnya struktur hormonal, genetik, dan imunologi. Bahkan banyak penelitian yang mengatakan bahwa harapan hidup perempuan lebih tinggi ketimbang laki-laki.

 

Selain faktor fisik, perempuan juga lebih unggul untuk menaati peraturan. Di masa pandemi, kita harus menaati beberapa peraturan yang mengubah pola hidup dari biasanya. Mulai dari menjaga jarak, memakai masker, mencuci tangan, sampai menjauhi kerumunan. Dari aspek psikologis, laki-laki lebih sering lalai terhadap peraturan ini.

 

Kemudian ada pula faktor di mana laki-laki menjadi pihak yang bertanggung jawab atas perekonomian keluarga. Berdasarkan alasan tersebut, masih banyak kaum adam yang harus beraktivitas di luar rumah sehingga ia lebih rentan terpapar virus.

 

Tapi bukan berarti perempuan boleh tenang menyikapi fakta di atas. Perempuan justru memiliki peran sentral di kala pandemi, yang mampu menyetop penyebaran pandemi infeksi virus corona atau Covid-19. Misalnya di rumah, para ibu harus memastikan anak-anak dan seluruh anggota keluarganya tetap berada di rumah, membuat suasana nyaman, menyediakan makanan bergizi dan seimbang, atau sekadar mengingatkan untuk memakai masker, menjaga jarak, dan selalu mencuci tangan. Ditambah lagi jika Ibu memiliki anak usia sekolah, maka ia juga mesti mendampingi anak-anak untuk belajar di rumah.

 

Selain perannya di lingkungan terkecil atau di rumah, data menunjukkan, bahwa sekitar 70 persen tenaga kesehatan seperti dokter dan perawat adalah perempuan. Sebagai tenaga kesehatan, perempuan memiliki kemampuan lebih untuk dapat dekat dengan pasien dan memberikan edukasi kepada keluarga.

 

Baca Juga : Yuk, Berolahraga untuk Kesehatan Mental

 

Ya, dari sini kita bisa mengambil kesimpulan bahwa perempuan memiliki tugas penting dalam menghadapi pandemi. Mulai dari di rumah, hingga menjadi garda terdepan penyembuhan Covid-19 sebagai dokter dan perawat.

 

Tapi tentu perempuan tidak bisa bertugas sendirian. Diperlukan kedisiplinan menyeluruh dari semua lapisan masyarakat agar saling melindungi. Hal ini sejalan dengan pernyataan Puan Maharani, Ketua DPR RI di sini, beliau menilai kesuksesan PPKM Darurat ditentukan partisipasi masyarakat. Ia yakin kondisi dan penanganan Covid-19 akan membaik jika pemerintah konsisten dan tegas, serta masyarakat ikut berpartisipasi.

 

Selain partisipasi masyarakat dalam menghadapi pandemi, Puan Maharani juga berharap pemerintah mengintensifkan vaksinasi Covid-19. Pemerintah perlu menerapkan kebijakan jemput bola untuk vaksinasi masyarakat dari rumah ke rumah.

 

Dalam kondisi pandemi yang menghantam seluruh aspek kehidupan di Indonesia, bergerak bersama merupakan keharusan agar pandemi segera usai dan Indonesia bisa bangkit lagi seperti sedia kala.

Bagikan artikel ini:

Lihat artikel lainnya

YUK, BEROLAHRAGA UNTUK KESEHATAN MENTAL!

Di tengah pandemi Covid-19 seperti saat ini, kesehatan mental menjadi salah satu aspek yang sering dibahas. Pasalnya, pandemi membuat…

BERITA DUNIA17 July 2021

POTENSI PEREMPUAN SEBAGAI PENGGERAK EKONOMI KELUARGA

Jika Anda mengetikkan kata kunci 'peran perempuan dalam perekonomian keluarga' di mesin pencarian, Anda mungkin akan terkejut. Di…

BERITA DUNIA01 June 2021

4 PEREMPUAN HEBAT DALAM BIDANG SOSIAL BUDAYA

Perjalanan perempuan untuk menjadi sosok yang hebat dan berpengaruh besar secara umum cukup panjang dan terjal. Hal ini tak lepas…

BERITA DUNIA02 July 2021