MANFAAT MEMBACA BUKU BAGI PEREMPUAN

Oleh Adya Kananga

BERITA DUNIA04 September 2021

Manfaat Membaca Buku bagi Perempuan

Gambar hanya ilustrasi.

Kemampuan membaca adalah salah satu keahlian sangat bermanfaat bagi perempuan. Melalui membaca perempuan bisa memiliki pengetahuan yang luas, sehingga bisa berperan lebih besar dalam membangun bangsa. Selain itu, manfaat yang didapat dari membaca akan membantu perempuan mengambil peran besar dalam keluarga dan juga kehidupan bermasyarakat.

 

Hal tersebut juga dituturkan oleh Ketua DPR RI, Puan Maharani. Ia mengatakan bahwa "Kemampuan literasi adalah kemampuan mendasar yang dapat menjadi pijakan bagi seseorang untuk menghadirkan kehidupan yang lebih baik bagi dirinya sendiri maupun bagi banyak orang," seperti yang dilansir dari liputan6.com.

 

Perempuan juga memiliki peran besar dalam membudayakan kebiasaan membaca di keluarga. Tokoh perempuan inspiratif Indonesia, Puan Maharani juga menekankan pentingnya menularkan budaya membaca di lingkup keluarga. "Ketika budaya membaca di rumah menjadi sebuah kebiasaan, maka anak-anak akan terbiasa menjadikan buku atau bahan bacaan sebagai rujukan untuk mendapatkan informasi," ucap Puan dikutip dari gatra.com.

 

Puan yakin perempuan Indonesia pasti kreatif untuk meningkatkan budaya membaca di keluarga dan lingkungan sekitarnya. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari aktivitas membaca.

 

Memperluas pengetahuan

Perempuan yang membaca buku umumnya memiliki pengetahuan yang lebih luas. Buku akan memberikan banyak informasi-informasi baru dari berbagai aspek. Buku fiksi maupun non-fiksi bisa memberikan pengalaman yang berbeda. Kamu bisa mendapat sudut pandang pengetahuan baru, melihat cara memecahkan masalah, memahami nalar berpikir, mengenali emosi, dan lain sebagainya.

 

Memperkaya tata bahasa

Dengan membaca buku, kamu akan terekspos dengan banyak kata-kata unik. Akan banyak kata-kata baru yang mungkin baru pertama kali kamu baca. Lalu kamu bisa melihat arti dan cara pemakaian kata tersebut. Akhirnya lama-lama perbendaharaan kata kamu akan semakin banyak. Hal ini tentu akan sangat membantu bila kamu sedang belajar bahasa asing dan membaca buku bahasa asing.

 

Meningkatkan konsentrasi

Ketika membaca buku, kita dapat hanyut dalam cerita atau informasi yang disajikan oleh buku itu. Hal itu bisa melatih kita untuk bisa fokus pada satu kegiatan saja. Bila dilakukan secara rutin, kebiasaan untuk bisa fokus pada satu hal akan terbawa ke kegiatan lain dalam hidup kita. Kemampuan berkonsentrasi yang meningkat sehingga bisa membuat pekerjaan lainnya dilakukan lebih efisien.

 

Meningkatkan intelegensi mental

Kita akan dapat melihat perspektif suatu hal melalui sudut pandang orang lain, dari membaca buku. Buku fiksi dan non-fiksi dapat memberikan pengalaman cara berpikir yang baru. Oleh karena itu, membaca akan membantu kita memiliki empati terhadap orang lain. Kita juga bisa tau bentuk-bentuk permasalahan yang terjadi di dunia ini melalui cerita dalam buku.

 

Membuat lebih bahagia

Keadaan pandemi membuat kita tidak mudah pergi tamasya. Membaca bisa menjadi solusinya karena membaca adalah cara yang mudah untuk bisa pergi ke bagian dunia lain. Membaca mirip dengan meditasi yang bisa membuat kamu menjadi lebih tenang dan relaks. Selain itu, berdasarkan penelitian yang dilakukan di Inggris, orang yang membaca memiliki 21% kemungkinan lebih kecil mengalami perasaan depresi. Orang yang membaca juga biasanya memiliki tingkat percaya diri yang lebih tinggi.

 

Kemampuan menulis meningkat

Rutin membaca buku akan membuatmu terbiasa dengan struktur dan cara bercerita yang mudah dimengerti. Hal ini bisa sangat membantu membuat kemampuan menulis kita meningkat. Selain perbendaharaan meningkat, banyak membaca membuat struktur cara berpikir kamu lebih baik. Ditambah lagi, semakin banyak kamu membaca, kamu akan lebih banyak mendapatkan ide, hipotesis, dan argumen. Kamu akan semakin terpacu untuk memiliki pikiran dan opini terhadap hal yang kamu baca.

 

**

 

Membaca memberikan banyak manfaat yang berguna untuk pengembangan diri perempuan. Apabila kamu belum menemukan kesenangan dari membaca, mungkin kamu belum menemukan buku yang menarik, itulah sepotong kalimat dari JK Rowling. Tetapi, jangan menyerah untuk membiasakan kebiasaan membaca. Selamat membaca!

Bagikan artikel ini:

Lihat artikel lainnya

IBU, SUMBER INSPIRASIKU

Dulu waktu masih duduk di bangku sekolah, saat menyebut idola, biasanya banyak anak-anak yang menyebut ibu. Ya, kalau dipikir-pikir,…

BERITA DUNIA01 September 2021

PUAN MAHARANI DAN RAGAM BUSANA DAERAH DI INDONESIA

Sebagai negara kepulauan dengan beragam etnis dan suku, Indonesia memiliki banyak sekali kekayaan budaya. Tak hanya bahasa, adat istiadat,…

BERITA DUNIA05 October 2021

CARA MENGATASI BURNOUT DALAM KARIR PEREMPUAN

Perempuan adalah ahli dari berbagai keahlian. Perempuan adalah pengasuh, edukator, koki, akuntan, dan sebagainya, yang bahkan di luar…

BERITA DUNIA16 July 2021