LIBURAN NATAL KE MANA? PUAN MAHARANI: DI RUMAH SAJA!

Oleh Indira Suwarno

BERITA DUNIA04 November 2021

Foto Artikel Liburan Natal ke Mana? Puan Maharani: Di Rumah Saja!

Source: shutterstock.com

Dalam hitungan minggu, liburan Natal dan akhir tahun segera tiba. Tentu sudah banyak yang menanti-nantikan masa liburan ini untuk rehat sejenak dari pekerjaan dan kuliah maupun sekolah. Namun di tengah pandemi Covid -19 yang masih melanda, tampaknya rencana berlibur harus ditunda sementara.

Hal itu ditegaskan pemerintah dengan mengeluarkan kebijakan menghapus cuti bersama Natal yang sedianya jatuh pada 24 Desember 2021 mendatang. Dengan demikian, libur Natal hanya jatuh pada tanggal 25 Desember 2021 saja, yang merupakan hari libur nasional.

Keputusan tersebut diambil untuk mengantisipasi gelombang ketiga Covid-19 yang diprediksi akan meningkat pada Desember 2021 dan awal tahun 2022 mendatang, dampak dari liburan Natal dan Tahun Baru.

Meski banyak kontroversi yang muncul, pemerintah tetap bersikukuh untuk melanjutkan keputusan ini. Apalagi, penghapusan cuti bersama Natal juga mendapat dukungan dari sejumlah pihak, salah satunya adalah Ketua DPR RI, Puan Maharani.

Puan menilai, kebijakan ini penting untuk mengurangi gelombang ketiga penularan Covid-19. Ia pun mengimbau agar masyarakat mengurangi mobilitas dengan menghabiskan masa liburan di rumah saja.

“Ingat, gelombang baru Covid-19 memang selalu menghantui setiap ada musim liburan, karenanya kami mendukung penuh kebijakan pemerintah ini,” kata Puan seperti yang dikutip Tempo.

Menurut Puan, jika cuti bersama 24 Desember 2021 yang jatuh pada Jumat tidak dihapus, maka dipastikan akan banyak warga yang berpergian untuk menghabiskan long weekend sekaligus liburan panjang akhir tahun. Ia pun menilai, liburan di masa pandemi Covid-19 masih sangat riskan untuk dilakukan.

Meski begitu, Puan mengaku bahwa kebijakan penghapusan cuti bersama Natal tidak bisa sepenuhnya mengurangi potensi mobilitas warga. Sebab, tidak semua warga terikat dengan ketentuan cuti bersama. Oleh karena itu, Puan menilai perlu kesadaran bersama untuk menerapkan protokol kesehatan.

“Gelombang kedua Covid-19 pascalibur Lebaran 2021 lalu harus menjadi pelajaran penting untuk semua pihak. Potensi gelombang baru Covid-19 harus selalu diwaspadai meskipun angka penularan terus melandai,” tambahnya.

Selain itu, politisi PDI Perjuangan ini juga meminta pemerintah daerah mengawasi pelaksanaan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) sesuai level di wilayah masing-masing, sambil meningkatkan angka cakupan vaksinasi.

“Jangan sampai orang tidak pulang kampung tapi tetap berkerumun tanpa prokes di alun-alun daerah masing-masing. Ingat, jangan kendor selama pandemi belum selamanya pergi,” kata Puan.

Lalu bagaimana cara agar masa liburan Natal dan akhir tahun tidak membosankan? Berbagai aktivitas sebenarnya bisa dipilih untuk dilakukan bersama keluarga, tanpa harus pergi ke mana-mana. Di antaranya adalah:

 

1.   Berkemah di halaman rumah

Aktivitas ini super seru banget, lho! Tinggal siapkan tenda dan peralatan berkemah, lalu pasang di halaman rumah. Enggak cuma anak-anak yang bisa menikmati kegiatan berkemah di halaman rumah, tetapi orang tua juga pasti tidak akan kalah gembiranya.

Sisi plus berkemah di halaman rumah adalah, tidak repot, tidak perlu biaya mahal, dan efisien. Kalau tiba-tiba hujan deras atau tenda tiba-tiba roboh, tinggal kembali saja ke dalam rumah. Urusan makan dan toilet pun benar-benar nyaman karena berkemahnya di rumah sendiri.

 

2.   Buat pesta barbecue di halaman

Biasanya momen Natal dan Tahun Baru erat dengan aktivitas barbecue bersama teman dan sanak saudara. Aktivitas ini bisa diulang kembali asalkan pesertanya disiplin menjaga protokol kesehatan dengan menggunakan masker dan menjaga jarak. Apalagi, barbecue dilakukan di luar ruangan sehingga relatif lebih minim risiko penularan virus ketimbang aktivitas di dalam ruangan.

Untuk bahan-bahan barbecue, bisa disiapkan sendiri. Bisa juga menggunakan jasa barbecue home service yang sedang tren saat ini. Jasa barbecue panggilan ini lengkap dengan chef-nya dengan aneka menu mulai dari appetizer hingga dessert. Dengan demikian, peserta barbecue tinggal duduk santai menikmati hidangan, deh.

 

3.   Berkebun

Aktivitas ini juga seru dan menarik untuk dilakukan bersama-sama anggota keluarga, lho. Selain menambah koleksi tanaman, berkebun juga sehat untuk jiwa dan raga. Sebab, otot tangan dan kaki bekerja keras saat berkebun, badan terasa segar menghirup udara bersih, sementara jiwa lebih tenang karena berada di tengah pepohonan memberikan efek menenangkan.

Untuk orang tua, berkebun juga bisa menjadi sarana memperkenalkan alam kepada anak-anak. Tak hanya pohon dan tanah, tetapi juga cacing dan serangga.

 

4.   Nobar di rumah

Nobar atau nonton bareng juga menjadi ide yang seru karena tak perlu biaya mahal dan bisa dilakukan di rumah saja. Aktivitas ini bisa dilakukan dalam dua pilihan. Yang pertama, nobar di satu rumah bersama teman dan keluarga dengan menjaga protokol kesehatan. Yang kedua, nobar di rumah masing-masing melalui layanan virtual meeting.

Masing-masing opsi tentu mempunya kelebihan dan kekurangan. Opsi pertama lebih seru karena ada interaksi langsung namun ada risiko penularan Covid. Sementara opsi kedua minim risiko tertular Covid dan tetap bisa seru meski tanpa interaksi langsung.

Demikian ide yang bisa dipilih untuk musim liburan Natal dan Tahun Baru mendatang. Selamat mencoba!

Bagikan artikel ini:

Lihat artikel lainnya

PEREMPUAN MEWUJUDKAN KESETARAAN GENDER

Kemajuan sebuah peradaban dalam masyarakat sangat tergantung pada peran perempuan. Perempuan mengambil peran dalam berbagai bidang.…

BERITA DUNIA14 September 2021

PEMBELAJARAN TATAP MUKA DAN NASIHAT PUAN MAHARANI

Selama lebih dari setahun, pandemi Covid-19 menyebabkan para siswa dan mahasiswa terpaksa belajar dari rumah secara daring. Banyak…

BERITA DUNIA04 October 2021

ASPEK PENTING DALAM PEMBERDAYAAN PEREMPUAN

Perempuan adalah penggerak bangsa. Sebagai bagian penting bagi pembangunan bangsa, perempuan telah mengambil berbagai peran di berbagai…

BERITA DUNIA22 September 2021