KEBIASAAN SEHAT UNTUK PEREMPUAN AKTIF

Oleh Adya Kananga

BERITA DUNIA02 September 2021

Kebiasaan Sehat untuk Perempuan Aktif

Gambar hanya ilustrasi.

Menjadi perempuan yang aktif di berbagai bidang memang sangat menyenangkan. Kamu bisa berkarya dan berprestasi sesuai dengan cita-cita yang kamu punya. Hal ini senada dengan anjuran Puan Maharani, salah satu tokoh perempuan inspiratif. Dilansir dari tribunnews.com, Puan mendorong agar perempuan terus meningkatkan kapasitas dan kualitas dirinya demi menghadapi tantangan masa depan. Puan juga mengatakan bahwa sangat penting perempuan mampu mengatur hidupnya sehingga bisa menjadi pemimpin perempuan yang inspiratif.

 

Nah, untuk mendukung semua kegiatan kamu sehari-hari, kamu perlu untuk menjaga kondisi fisik dan mental agar selalu tampil prima. Ada beberapa kebiasaan yang perlu kamu bangun agar selalu bisa aktif berkegiatan.

 

Aktif fisik

Tubuh yang aktif akan sangat bermanfaat bagi kesehatan fisik dan mental. Luangkan waktu untuk berolahraga rutin setidaknya 3 kali dalam seminggu. Setiap sesi olahraga minimal 30 menit agar mendapat manfaatnya. Apabila kamu belum terbiasa berolahraga, kamu bisa mulai dengan olahraga ringan seperti jalan kaki pagi. Kamu juga bisa mengikuti kelas-kelas olahraga bersama teman-teman agar semakin semangat berolahraga.

 

Anjuran ini juga disampaikan oleh ketua DPR RI perempuan pertama di Indonesia, Puan Maharani. Dikutip dari tempo.co, ia menyampaikan bahwa "Disiplin menjaga kesehatan menjadi keharusan, khususnya pada masa pandemi Covid-19 seperti saat ini. Asupan makanan bergizi dan berolahraga menjadi kunci menjaga kebugaran dan daya tahan tubuh," kata Puan.

 

Lihat juga: Cara Mudah Aktif Berolahraga di Rumah

 

Makan yang sehat

Dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Makanan yang kamu makan akan sangat berpengaruh kepada kondisi badan. Pastikan kamu makan makanan yang mencukupi kebutuhan harian.

 

Agar lebih mudah memperkirakannya, kamu bisa menggunakan telapak tangan sebagai patokan. Jumlah protein sebanyak satu telapak tangan, karbohidrat sebesar kepalan tangan sisi ruas jari atas, sayur sebanyak satu kepalan tangan sisi bawah, dan lemak sebanyak ukuran jempol. Cara ini akan memudahkan kamu melihat porsi makan yang cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi.

 

Makan juga sangat penting untuk menjaga mood sehari-hari. Ketika tubuh seseorang sedang kelaparan atau kurang makan, orang tersebut cenderung mudah marah dan berkonflik. Oleh karena itu, pastikan kamu makan teratur, cukup, dan bernutrisi agar mendapatkan manfaat terbaik.

 

Tidur cukup

Pemulihan adalah fase yang sangat penting untuk kesehatan fisik dan mental. Tidur adalah salah satu kegiatan yang sangat penting dalam keseharian kamu untuk mendapatkan fase pemulihan tubuh. Pastikan kamu mendapat tidur yang cukup setidaknya 6-8 jam per hari. Tidur yang cukup dan berkualitas akan meningkatkan imunitas, mengurangi stres, membuat badan lebih sehat, dan membantu kamu mendapatkan energi untuk beraktivitas. Salah satu indikator kamu telah mendapat tidur yang cukup adalah ketika bangun tidur, kamu merasa segar dan tidak merasa lelah.

 

Hidup bersosial

Memiliki hubungan yang baik dengan keluarga, teman, pasangan, anak, dan lingkungan sekitar akan sangat membantu menguatkan mental dan meningkatkan kebugaran fisik. Lingkaran sosial terdekat dapat memberikan dukungan sosial bagi diri kamu. Saat ada permasalahan, kamu bisa berbagi cerita dengan orang-orang yang dapat dipercaya. Dukungan sosial inilah yang akan menguatkan kamu menghadapi kehidupan.

 

Mengekspresikan rasa syukur

Beberapa penelitian mengungkapkan rasa syukur dapat mengundang dan meningkatkan kebahagiaan. Rasa syukur dapat ditulis di buku khusus atau pun melalui aplikasi telepon genggam yang kini sudah banyak pilihannya. Kamu juga bisa menuliskan surat yang mengekspresikan rasa syukur kepada seseorang. Lalu surat itu kamu berikan kepada orang yang dimaksud. Niscaya kamu dan orang yang menerima surat tersebut akan merasakan rasa kebahagiaan.

 

Berlaku baik kepada diri sendiri

Dengan kamu saat ini masih ada di bumi ini, artinya kamu pantas untuk mendapat kebaikan dari diri sendiri dan orang di sekitar. Kamu sudah berjuang untuk mengupayakan hal-hal yang bisa kamu lakukan. Berkata baik kepada diri sendiri atas semua kejadian yang dialami akan sangat penting untuk menjaga kebaikan mental. Berikan penghargaan terbaik untuk dirimu sendiri karena telah berjuang menghadapi kehidupan.

 

Menabung

Kebiasaan menabung akan sangat membantu perempuan yang aktif. Apabila kamu belum terbiasa menabung, coba gunakan fasilitas autodebet untuk tabungan berjangka yang disediakan oleh bank. Buat proporsi tabungan setidaknya 10% dari jumlah pemasukan bulanan. Kalau sudah biasa menabung, kamu bisa mencoba investasi untuk mencapai tujuan finansial yang kamu butuhkan. Kondisi finansial yang aman akan membuat hati lebih tenang dan kehidupan lebih nyaman.

 

*

 

Itulah beberapa kebiasaan yang perlu dibangun oleh perempuan aktif. Kebiasaan-kebiasaan ini akan sangat membantu kamu dalam menghadapi kehidupan sehari-hari. Kamu jadi bisa lebih banyak berkarya dan memberikan dampak yang lebih besar di lingkungan sekitar kamu. Selamat mencoba!

Bagikan artikel ini:

Lihat artikel lainnya

5 KENDALA YANG DITEMUI PEREMPUAN KALA MENJADI PEMIMPIN

Saat ini, posisi pemimpin tak lagi dimonopoli oleh kaum pria. Perempuan pun banyak yang menduduki posisi pemimpin di berbagai aspek…

BERITA DUNIA09 July 2021

MELURUSKAN ANGGAPAN TENTANG BUDAYA MATRILINEAL

Dalam upacara Hari Ulang Tahun ke-76 Republik Indonesia, Ketua DPR Puan Maharani menjadi pembaca Teks Proklamasi. Tak hanya karena…

BERITA DUNIA30 August 2021

PERAN PEREMPUAN SEBAGAI PENJAGA KEBERAGAMAN

Beberapa dari kita mungkin pernah mendengar adanya stereotip yang ditentukan berdasarkan suku, agama, atau ras tertentu. Mulai dari…

BERITA DUNIA01 July 2021