HOBI SELAMA PANDEMI PUAN MAHARANI

Oleh Adya Kananga

BERITA DUNIA29 September 2021

foto-artikel-hobi-selama-pandemi-puan-maharani

Source: shutterstock.com

Pandemi COVID19 yang berkepanjangan telah membawa kehidupan jutaan orang seakan berhenti sejenak. Hal ini membuat banyak orang yang memiliki lebih banyak waktu senggang dibanding sebelum masa pandemi. Banyak orang yang menggunakan waktu mereka dengan lebih bijak sehingga membuat kehidupan pekerjaan dan personal lebih seimbang.

Hobi bisa menjadi kegiatan yang meningkatkan kualitas hidup kita. Banyak hobi yang bisa kita lakukan untuk menjadi bagian dari rutinitas hidup. Memiliki hobi sangat banyak manfaatnya. Dari mulai menjaga kesehatan mental, membantu keseharian kita menjadi lebih relaks, mengurangi keresahan, dan bisa membantu mengatasi depresi.

Puan Maharani, ketua DPR RI dan juga salah satu politisi perempuan yang berprestasi di Indonesia, memiliki beberapa hobi seru yang bisa menjadi inspirasi bagi kita semua. Simak beberapa hobi Puan Maharani yang bisa kita contoh:

 

Berkebun

Puan senang sekali menghabiskan waktu senggangnya dengan berkebun di rumahnya. Buatnya, berkebun bisa mengurangi stress dengan. Melalui akun instagramnya (@puanmaharani), Puan bercerita soal sayur-mayur yang ia tanam di kebunnya. Ia memanen terong, cabai, tomat, sawi, dan lainnya. Dikutip dari liputan6.com, Puan  "Ada lagi yang suka berkebun kecil-kecilan di rumah? Relaxing lho dan bisa buat masak sendiri," ucap Puan.

Seperti Puan, hobi berkebun tampaknya memang menjadi favorit banyak orang di masa pandemi ini. Banyak orang yang berubah menjadi bekerja di rumah sehingga memiliki waktu untuk memperhatikan rumah dan kebunnya. Selain itu, berkebun terbukti dapat mengurangi tingkat stress. Melihat tumbuhan hijau juga bisa menjadi jalan untuk mengistirahatkan mata dari layar laptop atau handphone. Ketika berkebun, kita juga bisa mendapatkan vitamin D yang sangat penting untuk tulang dan sistem imunitas tubuh.

 

Jalan Kaki

Di sela-sela waktu kerjanya yang sangat padat, Puan menyempatkan diri untuk berjalan kaki. Dikutip dari tribunnews.com, Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan ini berjalan kaki di Kompleks Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Kawasan olahraga di tengah Jakarta yang dinamakan atas nama kakek dari Puan Maharani ini memang menjadi lokasi olahraga yang menjadi primadona bagi penduduk Jakarta. Kawasan ini menyajikan berbagai tempat olahraga dan memiliki area terbuka hijau yang luas. Jalan kaki di kawasan terbuka hijau ini sangat menyenangkan karena suasana rindang dan nyaman.

Jalan kaki juga bermanfaat bagi tubuh kita. Jalan kaki setidaknya 30 menit sehari bisa menyehatkan tubuh secara fisik maupun mental. Jalan kaki akan membuat aliran darah lebih lancar, sehingga jantung dan paru-paru pun bisa lebih kuat. Jalan kaki juga bisa mengurangi stress, yang bisa memperbaiki perasaan dan emosi.

Jalan kaki adalah olahraga mudah yang tidak membutuhkan peralatan. Jalan kaki bisa dilakukan kapan saja dan sesuai dengan tempo yang kita inginkan. Olahraga ini minim risiko, sehingga sangat cocok dilakukan untuk orang yang kelebihan berat badan, orang tua, maupun orang yang sudah lama tidak berolahraga. Bagi orang yang sudah terbiasa aktif berolahraga, jalan kaki juga bisa menjadi menu tambahan sebagai active rest.

 

Menonton Drama Korea

Di masa pandemi, kegiatan menonton di bioskop masih sangat terbatas. Puan Maharani, disebut dalam kumparan.com, menikmati drama korea berjudul Crush Landing on You dan Itaewon Class.

Menonton drama korea bukan hanya dapat dilakukan sebagai hobi, tetapi juga bisa menjadi pembelajaran bagi kita semua. Melalui menonton drama, kita bisa belajar tentang berbagai macam emosi dan alasan setiap orang mengambil keputusan. Dilansir dari tempo.co, menurut Puan, banyak pembelajaran yang bisa dipetik dari drama Korea di luar kisah percintaannya. "Kalau kita bisa mengambil positifnya dari cerita-cerita melankolis, drama percintaan dan lain-lain, tapi saya menangkap ada satu hal yang kemudian selalu ditampilkan dalam film tersebut," katanya.

Industri entertainment korea sangat maju dalam dekade terakhir. Bahkan Dian Sastrowardoyo juga pernah bercerita kalau melalui menonton drama korea dia bisa belajar soal cara bercerita dalam sebuah drama, seperti yang dilansir dari kompas.com. Ia ikut belajar dari industri korea yang sangat maju, sehingga bisa menjadi pembelajaran untuk diterapkan di Indonesia.

 

***

 

Apa saja hobi seru yang kamu miliki selama pandemi ini? Jangan lupa untuk bisa menikmati waktu luang dengan melakukan kegiatan yang kamu suka ya!

Bagikan artikel ini:

Lihat artikel lainnya

PEREMPUAN DAN ANCAMAN HOAX

  Di masa lalu, penyebaran berita terjadi melalui media dan kabar dari mulut ke mulut. Jika sebuah kabar yang tak diketahui kebenarannya…

BERITA DUNIA12 August 2021

YUK, BEROLAHRAGA UNTUK KESEHATAN MENTAL!

Di tengah pandemi Covid-19 seperti saat ini, kesehatan mental menjadi salah satu aspek yang sering dibahas. Pasalnya, pandemi membuat…

BERITA DUNIA17 July 2021

PEREMPUAN LEBIH KUAT MENGHADAPI PANDEMI?

Perempuan Lebih Kuat Menghadapi Pandemi?   Apakah ada yang pernah mendengar istilah man flu? Melansir dari Halodoc, Istilah “man…

BERITA DUNIA27 July 2021