CARA MUDAH AKTIF BEROLAHRAGA DI RUMAH

Oleh Adya Kananga

BERITA DUNIA22 July 2021

Cara Mudah Berolahraga di Rumah

 

Menjaga kebugaran fisik dan mental di kala pandemi sangat penting untuk meningkatkan imunitas tubuh. Orang-orang yang menjaga kebugaran, dilaporkan memiliki kualitas hidup lebih tinggi dibandingkan dengan orang yang tidak menjaga kebugaran.

 

Kebugaran fisik juga bisa membantu memperbaiki metabolisme tubuh. Olahraga membuat jantung lebih kuat dan sirkulasi darah lebih baik. Ditambah lagi, olahraga juga bisa membantu menghasilkan zat-zat dalam tubuh yang membuat kita lebih relaks dan memperbaiki suasana hati.

 

Salah satu politisi perempuan di Indonesia, Puan Maharani, juga menekankan pentingnya berdisiplin menjaga kesehatan. Dilansir dari dpr.go.id, ia mengatakan, "Disiplin menjaga kesehatan menjadi keharusan, khususnya pada masa pandemi Covid-19 seperti saat ini. Asupan makanan bergizi dan berolahraga menjadi kunci menjaga kebugaran dan daya tahan tubuh,"

 

Sebagai perempuan aktif dan berprestasi, kita bisa mulai membiasakan untuk berolahraga secara rutin. Apalagi saat pandemi kita lebih banyak menghabiskan waktu di rumah saja. Nah, bagaimana sih caranya agar kita bisa berolahraga yang rutin walau hanya di rumah saja?

 

Simak tips-tips berikut ini:

 

Cara memprioritaskan jadwal olahraga

-       Buat jadwal tetap. Kamu bisa membuat jadwal yang tetap untuk memulai olahraga. Dengan membuat jadwal rutin, kamu sudah mengurangi waktu berpikir untuk memutuskan melakukan aktivitas setiap harinya. Misalnya, pukul 7 di pagi hari atau pukul 5 sore setelah bekerja.

-       Buat goal spesifik yang rasional. Banyak orang-orang yang berolahraga dengan tujuan agar memiliki bentuk badan yang ideal. Namun, tujuan itu kurang rasional dan spesifik. Kita bisa membuat tujuan yang lebih spesifik dan mudah dicapai. Misalnya, melakukan olahraga tiga kali dalam seminggu atau melakukan olahraga minimal 30 menit. Goal yang spesifik membuat ini jadi lebih mudah dicapai.

-       Tetap berolahraga walau sedang tidak semangat. Kadang semangat berolahraga mulai mengendur setelah beberapa minggu. Nah, agar kebiasaan tetap terbentuk, kamu sebaiknya tetap melakukan olahraga walaupun hanya sebentar saja. Ketika kamu merasa malas, tetap lakukan olahraga selama 5 menit. Hal ini penting agar tubuh dan otak kamu tetap terbiasa dengan jadwal kebiasaan yang ingin kamu bentuk.

-       Beri tahu orang terdekat. Target yang diketahui orang lain cenderung lebih mudah dicapai. Kamu bisa membuat pengumuman ke orang terdekat atau di sosial media. Dengan cara ini, kamu telah membuat komitmen dengan diri sendiri dan orang lain.

-       Catat latihan kamu. Kalau kamu memiliki telepon genggam atau jam khusus yang bisa mencatat perkembangan olahraga mu. Cara ini bisa membantu kamu melihat kemajuan yang sudah kamu capai selama ini. Lama-lama kamu bisa semakin semangat deh!

 

Nah, kalau itu tips-tips menjaga kebiasaan berolahraga. Kamu juga bisa melakukan hal-hal di bawah ini untuk tetap konsisten semangat berolahraga di kala pandemi!

 

Cara konsisten berolahraga di rumah

-       Pilih jenis olahraga yang kamu sukai. Lakukan hal-hal yang membuat kamu senang. Kalau yoga membuat kamu senang dan tenang, lakukanlah yoga! Mungkin berjoget juga pilihan yang seru dan menyenangkan, seperti zumba, salsa, dan lainnya.

-       Membersihkan rumah. Ingin olahraga tetapi rumah sedang berantakan? Tenang! Jadikan beres-beres rumah sebagai olahraga mu! Menyikat kamar mandi tentunya akan membuatmu berkeringat. Menyapu dan mengepel lantai pun bisa membuat kita tetap aktif bergerak di rumah. Kamu bisa membuat kegiatan bersih-bersih sebagai aktivitas olahraga.

-       Ikut kelas olahraga. Saat ini banyak pelatih-pelatih kebugaran yang memberikan kelas online. Dengan mengikuti kelas online, kamu tidak perlu memikirkan bentuk gerakan-gerakan saat berolahraga. Tinggal ikuti saja gerakan yang diajarkan pelatih.

-       Pakai pakaian yang menarik. Walau olahraga di rumah, tapi penampilan harus tetap prima. Pikirkan pakaian olahraga sehari sebelum jadwal olahraga. Pilih pakaian yang membuat kamu merasa lebih senang dan riang.

-       Cari teman olahraga bersama. Kalau baru mulai berolahraga, biasanya kita sering merasa malas. Teman berolahraga bisa membuat kamu semakin semangat. Kamu bisa janjian dengan teman, rekan kerja, atau bahkan pasangan di rumah untuk berolahraga bersama.

-       Coba jalan kaki saat istirahat bekerja. Saat istirahat bekerja, kita bisa coba jalan kaki keliling komplek rumah selama 30 menit. Tidak usah banyak-banyak, yang penting konsisten dan tetap aktif. Olahraga dengan jalan kaki ini juga menjadi pilihan perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR RI, Puan Maharani. Dilansir dari detik.com, Puan secara rutin olahraga dengan berjalan kaki. Sering kali, Puan Maharani berjalan kaki dari rumah dinasnya menuju Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan. Tentunya, jalan kaki itu ia lakukan sambil terus menjaga protokol kesehatan.

 

Bagaimana? Apakah kamu sudah siap menjalani tips-tips tersebut? Dengan membaca artikel ini, artinya kamu sudah mau memulai kebiasaan aktif yang positif di saat pandemi. Itu sudah langkah awal yang baik. Perempuan yang aktif harus menjaga stamina dan kebugaran. Tetap semangat, selamat mencoba, dan semoga sukses!

Bagikan artikel ini:

Lihat artikel lainnya

MANFAAT MEMBACA BUKU BAGI PEREMPUAN

Kemampuan membaca adalah salah satu keahlian sangat bermanfaat bagi perempuan. Melalui membaca perempuan bisa memiliki pengetahuan…

BERITA DUNIA04 September 2021

PERGERAKAN PEREMPUAN INDONESIA DARI MASA KE MASA

Perempuan Indonesia selalu ikut berpartisipasi dalam perjuangan memajukan bangsa dari masa ke masa. Pergerakan perempuan lahir dari…

BERITA DUNIA24 August 2021

PUAN MAHARANI: ANTARA KERJA DAN KELUARGA

Sudah menjadi rahasia umum bahwa kaum perempuan adalah golongan yang andal dalam ber-multitasking ria. Dalam kehidupannya, seorang…

BERITA DUNIA06 October 2021