BUKAN STEIK, PUAN MAHARANI LEBIH GEMAR KULINER NUSANTARA

Oleh Indira Suwarno

BERITA DUNIA02 November 2021

Foto Artikel Bukan Steik, Puan Maharani Lebih Gemar Kuliner Nusantara

Source: shutterstock.com

Sebagai negara yang terdiri atas ribuan pulau dan ratusan suku, Indonesia memiliki kekayaan budaya yang tiada duanya. Salah satu yang menjadi primadona adalah kuliner yang memiliki ciri khas dari tiap-tiap daerah.

Ketua DPR RI, Puan Maharani, pun mengakui kelezatan kuliner nusantara. Bahkan, Puan mengakui bahwa lidahnya lebih cocok menyantap makanan-makanan khas Indonesia ketimbang makanan luar negeri seperti steik atau pizza.

Dari berbagai wawancara, Puan menyebutkan sejumlah kuliner Indonesia yang ia gemari. Beberapa di antaranya adalah:

1.   Ayam Goreng

Makanan kegemaran Puan tidak berbeda dengan masyarakat umum. Salah satu yang jadi menu favoritnya di mana pun adalah ayam.

“Saya suka ayam goreng. Ayam yang diapain saja saya doyan,” ujar Puan seperti dikutip oleh Republika.

Ayam goreng di Indonesia cukup berbeda dengan fried chicken yang dikenal di mancanegara. Ayam goreng ala Indonesia umumnya diungkep terlebih dahulu dengan aneka rempah hingga meresap. Kemudian, ayam digoreng dalam minyak panas dan disajikan dengan sambal serta lalapan.

2.   Pisang Goreng

Di tengah maraknya snack dan minuman impor seperti Bobba maupun croffle, selera politis PDI Perjuangan ini tetap bersahaja dan Indonesia sekali. Untuk makanan ringan di saat santai, Puan lebih memilih pisang goreng yang disertai secangkir teh manis.

Pisang goreng merupakan menu yang sangat mudah dibuat dan jadi favorit semua orang. Tinggal pilih pisang yang cocok untuk digoreng seperti pisang uli, tanduk, atau Nangka, kemudian buat adonan pencelupnya dari terigu, gula, garam, dan air. Celupkan pisang yang sudah dipotong-potong sesuai selera ke dalam adonan dan goreng hingga kekuningan.

3.   Ketoprak

Dalam wawancaranya di kanal Youtube Boy William, Puan juga mengaku gemar makan di warung-warung pinggiran jalan. Ia menyukai makanan yang biasa dijajakan oleh pedagang kaki lima seperti ketoprak. Menurutnya rasa makanan kaki lima justru jauh lebih lezat dibanding buatan restoran terkenal.

Ketoprak sendiri merupakan makanan sepinggan yang memiliki gizi lengkap dalam satu piring. Seporsi ketoprak biasanya terdiri dari lontong/ketupat sebagai karbohidrat, tauge sebagai sayuran, dan irisan tahu serta telor sebagai protein. Semua itu lantas disiram dengan bumbu kacang dan kerupuk.

4.   Aneka Baceman

Dalam berbagai kunjungan ke daerah, Puan tak pernah melewatkan kesempatan untuk wiskul alias wisata kuliner makanan-makanan khas setempat. Pada salah satu kunjungan kerjanya ke Klaten pada 2019 lalu, putri bungsu Megawati ini juga pernah menyempatkan diri berwisata kuliner. Yang dipilih tentunya menu-menu nusantara, seperti ayam goreng, sop ayam, soto bening, dan aneka baceman.

Baceman bisa ditemui di wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta. Menu ini memiliki ciri khas manis dan berwarna gelap. Umumnya yang dimasak dengan metode baceman adalah tahu, tempe, dan ayam.

5.   Soto Ayam

Puan juga pernah mengunjungi Rumah Makan Soto Ayam Gading 2 di Solo bersama Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka. Saat itu banyak yang terkejut saat Puan meminta makan malam di bofet pinggir jalan. Puan mengajak segenap kader makan di bofet pinggir Jalan Sudirman. Ia terlihat nyaman dan menikmati sajian demi sajian yang dihidangkan.

Soto ayam merupakan makanan yang bisa ditemui di mana saja dan disantap kapan pun. Sebab, menu ini terasa ringan dan lezat di lidah sehingga bisa dinikmati siapapun.

6.   Tongseng

Saat mulai menjabat Ketua DPR RI sebelum pandemi Covid-19, foto Puan makan di Kantin Pujasera, Kompleks Parlemen Senayan juga sempat viral. Ia memesan tongseng, sate, hingga rujak. Puan juga akrab dengan para penjual di kantin tersebut.

Menu tongseng berasal dari wilayah Yogyakarta yang kemudian berkembang hingga ke berbagai provinsi di Indonesia. Awalnya, tongseng hanya berisikan daging kambing saja. Namun seiring perkembangan zaman, kini juga banyak ditemui tongseng ayam, sapi, hingga jamur.

7.   Tahu dan Tempe

Baru-baru ini, di video Youtube Deddy Corbuzier, Puan juga sempat mengaku sering makan tahu dan tempe. “Nggak pakai garam, pakai nasi. (Makannya) ya setiap hari sampai sekarang,” tambahnya.

Menu tahu dan tempe memang menjadi menu favorit masyarakat Indonesia. Tidak perlu dibumbui macam-macam, tahu dan tempe sudah dijamin lezat dan berprotein tinggi.

8.   Bakso

Menu bakso yang menjadi favorit banyak sekali masyarakat Indonesia juga digemari Puan. Menurutnya, menu itu membuatnya kembali mengenang masa-masa saat menjadi mahasiswi di jurusan Komunikasi Universitas Indonesia (UI).

Bakso pilihan Puan bukanlah bakso mahal. Yang ia gemari adalah bakso yang dijual di Kantin Balsem, kantin mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UI.

9.   Tape Ketan Pulut

Tape ketan pulut atau tape uli adalah makanan pencuci mulut yang legit dan manis dengan sedikit rasa asam. Menu ini umumnya ditemui di wilayah Jakarta dan Jawa Barat. Diam-diam ternyata Puan juga menggemarinya, lho.

Tape ketan pulut ini juga membawa kenangannya ke masa-masa mahasiswa puluhan tahun lalu.

"Saya belum pernah merasakan lezatnya tape ketan di tempat lain. Yang lain kalah dibanding tape ketan pulut Balsem. Ndak tahu itu kan jualannya di kaki lima," kenang Puan seperti dikutip Beritasatu,.

Bagikan artikel ini:

Lihat artikel lainnya

PUAN MAHARANI MENUNTUT PERAN NEGARA MAJU DALAM PENANGANAN PERUBAHAN IKLIM

Isu perubahan iklim adalah salah satu permasalahan global yang kini dampaknya telah terasa di berbagai negara. Di Indonesia sendiri,…

BERITA DUNIA03 November 2021

PEREMPUAN DAN KEBERAGAMAN

Perempuan mengambil peran besar dalam menjaga perdamaian dalam keragaman bangsa Indonesia. Kita mungkin sering sekali mendengar bahwa…

BERITA DUNIA08 July 2021

WORK LIFE BALANCE BAGI PEREMPUAN

Semakin ke sini, sudah lazim rasanya perempuan memiliki peran ganda. Apalagi, bagi perempuan yang sudah menikah dan berkeluarga. Mereka…

BERITA DUNIA12 July 2021