BEGINI ISTIMEWANYA “ITAEWON CLASS”, DRAKOR FAVORIT PUAN MAHARANI

Oleh Indira Suwarno

BERITA DUNIA07 October 2021

Begini Istimewanya “Itaewon Class”, Drakor Favorit Puan Maharani

Source: shutterstock.com

Demam budaya Korea sedang melanda dunia. Selain K-pop yang diwakili BTS dan Blackpink, masyarakat di berbagai negara juga jatuh cinta pada K-drama alias drama Korea yang di Indonesia, popular dengan istilah drakor. Laki perempuan, tua muda, semua larut dalam jalinan cerita drama Korea yang mampu mengaduk-aduk emosi penontonnya. Tak jarang aneka pesan positif diselipkan di dalamnya.

Salah satu yang mengaku sebagai penggemar drama Korea adalah Ketua DPR RI, Puan Maharani. Hal itu diakuinya ketika menjadi bintang tamu di podcast Deddy Corbuzier, tahun lalu.

Menurut Puan, drama Korea memang membuat penontonnya kecanduan. Namun, karena padatnya kesibukan yang ia miliki, Puan pun tidak menonton serial drama Korea favoritnya setiap hari.

"Gak tiap hari nonton. Mau gak mau harus berhenti kan kita ada kerjaan biarpun zoom di rumah juga, work from home tetap saja gak bisa terus-terusan," katanya.

Menurut Puan, banyak pembelajaran yang bisa dipetik dari drama Korea di luar kisah percintaannya.

"Kita bisa mengambil positifnya dari cerita-cerita melankolis, drama percintaan dan lain-lain. Saya menangkap ada satu hal yang kemudian selalu ditampilkan dalam film tersebut," katanya.

Ia mengaku memiliki dua serial drama Korea favorit yang juga menjadi favorit banyak orang di Indonesia. Kedua judul drama Korea favorit Puan adalah “Itaweon Class” dan “Crash Landing on You”.

Kenapa? Menurut Puan, kedua judul drama Korea itu amat berkesan karena memberikan banyak pelajaran untuk sesama manusia, terutama generasi muda.

“Itaewon Class”, bagaimana kemudian orang itu mempunyai semangat untuk bisa mencapai tujuan. Jadi jangan cuma melankolis dan drama-dramanya aja yang kita lihat lah harus ada positifnya," kata Puan.

Lantas, apa sih keistimewaan “Itaewon Class” dan “Crash Landing on You” yang jadi drama Korea favorit Puan itu? Yuk mari kita lihat.

1.   “Itaewon Class”

“Itaewon Class” menceritakan tetang mantan narapidana Park Sae-roy (Park Seo-joon) yang hidupnya berubah 180 derajat setelah dikeluarkan dari sekolah karena meninju orang yang mem-bully-nya. Sementara sang ayah terbunuh dalam suatu kecelakaan. Mengikuti langkah-langkah ayahnya, ia membuka sebuah restoran DanBam di Itaewon.

Membangun bisnis yang didasari rasa ingin balas dendam, tentu saja tidaklah segampang yang dipikirkan Park Sae Ro Yi. Meski sudah bermimpi membangun DanBam selama tujuh tahun, nyatanya ia tidak terlalu paham caranya berbisnis. Ini membuat Park Sae Ro Yi sering mengalami kegagalan dalam melangkah dan berusaha.

Drama yang dibintangi oleh aktor Park Seo Joon dan aktris Kim Da Mi ini tayang di stasiun TV Korea JTBC dan layanan streaming Netflix pada tahun lalu. Menariknya, “Itaewon Class” selalu mengalami peningkatan rating di setiap episodenya.

Seperti yang diungkapkan Puan, “Itaewon Class” tidak terlalu berfokus pada kisah cinta para karakternya. Momen romantis dalam drama ini hanya dijadikan sebagai bumbu-bumbu agar ceritanya lebih greget. Keseluruhan cerita lebih banyak bercerita tentang realita kehidupan yang biasa terjadi di sekitar.

Meski mengangkat kisah tentang perjuangan Park Sae Ro Yi dan stafnya, cerita yang disajikan “Itaewon Class” tidak monoton dan membosankan. Justru drama Korea ini mampu menggabungkan alur cerita, serta adegan haru, lucu, dan serius di saat yang bersamaan tanpa merusak suasana hati penonton.

Kemudian, jalan cerita yang disuguhkan “Itaewon Class” juga memiliki nilai-nilai yang bisa diterapkan dalam hidup. Ceritanya pun menarik dan mampu menginspirasi banyak orang.

Apalagi, berbeda dari kebanyakan drama Korea, “Itaewon Class” berani mengangkat isu sensitif yang sebenarnya masih tabu diperbincangkan di Korea sendiri. Misalnya saja mengenai rasisme terhadap orang berkulit hitam, LGBT, feminisme, dan bullying.

Ditambah dengan lagu-lagu soundtrack yang cocok dengan tema cerita dan tiap adegannya, tentu saja “Itaewon Class” langsung sukses menarik animo penonton Korea dan juga dunia.

2.   “Crash Landing on You”

“Crash Landing on You” berkisah tentang seorang pewaris konglomerat di Korea Selatan, Yoon Se-ri (Son Ye-jin). Suatu hari, saat melakukan olahraga paralayang, ia mengalami kecelakaan akibat angin kencang. Se-ri pun lantas melakukan pendaratan darurat di Korea Utara.

Di sana, ia bertemu dengan Ri Jeong-hyuk (Hyun Bin), seorang perwira tinggi Korea Utara. Jung-hyeok mencoba untuk melindungi dan menyembunyikannya. Interaksi keduanya pun lama kelamaan membuat mereka jatuh cinta.

Drama Korea satu ini dinilai sangat piawai menghanyutkan perasaan pemirsa, terutama kaum Hawa. Salah satu sebabnya adalah chemistry antara pemeran utamanya, Hyun Bin dan Son Ye Jin, yang begitu meyakinkan dan sukses menyebabkan para penonton tersenyum-senyum sendiri saat menonton.

Jalinan cerita dan pemeran yang klop didukung pula oleh lokasi syuting yang memukau. Khusus untuk syuting, produser “Crash Landing on You” memilih lokasi yang tidak main-main agar gambar dalam seria ini indah dan sesuai cerita. Untuk itu, dipilihlah Swiss dan Mongolia sebagai lokasi syuting, dengan panorama alam yang memukau dan memanjakan mata.

Demikian keistimewaan dua drama Korea pilihan Puan Maharani. Adakah yang Anda sukai juga?

Bagikan artikel ini:

Lihat artikel lainnya

TOKOH PEREMPUAN INSPIRATIF 2021

Perempuan memiliki peran besar dalam pembangunan bangsa dan negara. Saat ini, perempuan mampu bekerja dan berkarya di berbagai bidang.…

BERITA DUNIA07 June 2021

PEMBELAJARAN TATAP MUKA DAN NASIHAT PUAN MAHARANI

Selama lebih dari setahun, pandemi Covid-19 menyebabkan para siswa dan mahasiswa terpaksa belajar dari rumah secara daring. Banyak…

BERITA DUNIA04 October 2021

CARA MUDAH AKTIF BEROLAHRAGA DI RUMAH

  Menjaga kebugaran fisik dan mental di kala pandemi sangat penting untuk meningkatkan imunitas tubuh. Orang-orang yang menjaga…

BERITA DUNIA22 July 2021