ASPEK PENTING DALAM PEMBERDAYAAN PEREMPUAN

Oleh Adya Kananga

BERITA DUNIA22 September 2021

foto artikel Aspek Penting dalam Pemberdayaan Perempuan

Source: shutterstock.com

Perempuan adalah penggerak bangsa. Sebagai bagian penting bagi pembangunan bangsa, perempuan telah mengambil berbagai peran di berbagai bidang.

Hal ini menjadi perhatian khusus para pemimpin perempuan di Indonesia seperti Puan Maharani. Seperti yang dikutip di harianterbit.com, Puan percaya bahwa sebuah negara tidak mungkin sejahtera dan maju jika para perempuannya tertinggal. Agar perempuan bisa lebih berperan, pemberdayaan perempuan harus menjadi agenda bersama antara pemerintah, masyarakat, dunia usaha, dan berbagai pemangku kepentingan lainnya. 

Ada empat hal utama yang sangat penting diprioritaskan dalam upaya pemberdayaan perempuan. Keempat hal ini masih menjadi permasalahan di Indonesia. Namun, berbagai upaya yang telah dilakukan sudah mulai menghasilkan hasil positif bagi perempuan dan masyarakat Indonesia.

 

Sanitasi dan Air Bersih

Perempuan sangat erat kaitannya dengan kebutuhan sanitasi dan air bersih. Sanitasi merupakan kondisi kesehatan masyarakat yang terkait dengan air bersih dan pengelolaan serta pembuangan kotoran manusia. Air bersih yang tidak terkontaminasi feses adalah kebutuhan primer yang dibutuhkan oleh semua orang. 

Krisis terhadap sanitasi dan air bersih dirasakan semua orang. Tetapi, perempuan dan anak-anak lebih merasakan dampak ketersediaan air bersih. Kebutuhan sehari-hari seperti memasak, mandi, mencuci pakaian, dan lain sebagainya membutuhkan air. Krisis air bersih yang juga terkait dengan akses sanitasi, bahkan menjadi penyebab kematian tertinggi kelima bagi perempuan di seluruh dunia.

Pemberdayaan perempuan melalui peningkatan sanitasi dan air bersih dapat mengurangi tingkat kematian perempuan dan anak-anak. Berbagai penyakit infeksi, diare, dan lainnya akan berkurang melalui kegiatan promosi cuci tangan pakai sabun, peningkatan akses air bersih, dan lain sebagainya.

 

Akses Kesehatan

Perempuan perlu mendapatkan akses yang mudah terhadap kesehatan. Perempuan yang berada di pedesaan sering kali kesulitan mengakses pelayanan kesehatan, terutama ketika bersalin. Saat ini, tingkat kematian ibu masih menempati tingkat tertinggi di Asia Tenggara, dengan 177 kematian setiap 100.000 angka kelahiran pada tahun 2017.

 

Peningkatan akses perempuan terhadap pelayanan kesehatan yang mumpuni akan sangat berpengaruh positif pada kesehatan perempuan. Dengan memiliki akses kesehatan yang layak, perempuan bukan hanya bisa lebih sehat dan kuat, tetapi juga bisa memiliki efek positif bagi masyarakat dan negara secara keseluruhan.

 

Literasi Keuangan

Perempuan perlu mempelajari cara mengelola keuangan yang terbaik bagi dirinya sendiri, keluarga, dan untuk mengelola aktivitas bisnis. Literasi keuangan berarti kemampuan untuk mengelola keuangan untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Hal ini sangat penting bagi perempuan karena perempuan cenderung hidup lebih lama dibandingkan laki-laki. Perempuan juga relatif memiliki pendapatan lebih sedikit dan bekerja lebih singkat. Oleh karena itu, perempuan perlu memahami literasi keuangan untuk menghadapi risiko yang lebih besar.

 

Berdasarkan hasil penelitian terkini, 7 dari 10 orang perempuan Indonesia mengalami kesulitan dalam mengelola keuangan. Bahkan hanya 1 dari 10 orang tersebut yang melakukan pencatatan keuangan di masa pandemi tahun 2020.

Namun, apabila perempuan memiliki kemampuan literasi keuangan, ia akan bisa penggerak roda ekonomi keluarga, negara, bahkan ekonomi secara global. “Jika perempuan diberikan peran lebih besar, hal ini akan mempercepat proses pemulihan ekonomi global di suatu negara. Womenomics atau pelibatan lebih besar perempuan dapat menjadi penggerak ekonomi, baik dalam masa normal ataupun krisis,” ucap ketua DPR RI Puan Maharani seperti yang dilansir dari fajarpendidikan.co.id.

 

Akses untuk Kontrasepsi

Kemampuan untuk mengatur dan mengontrol fertilitas adalah komponen utama kesehatan perempuan yang mempengaruhi fisik, mental, dan juga kehidupan sosial. Kontrasepsi telah menyelamatkan banyak perempuan dan bayi di seluruh dunia dari bahaya kandungan yang tidak diinginkan. Perencanaan keluarga melalui kontrasepsi juga membuat keluarga bisa lebih optimal mengasuh anak. Oleh karena itu, sangat penting bagi perempuan dan keluarga untuk memiliki akses terhadap kontrasepsi yang bisa diandalkan.

 

Indonesia memiliki program keluarga berencana, dua anak cukup yang digagas pemerintah sejak 1970. Program ini menekankan pentingnya merencanakan reproduksi perempuan dan mempromosikan edukasi kesehatan seksual. Melalui Keluarga Berencana, pemerintah mempermudah akses alat kontrasepsi kepada perempuan dan keluarga. Program ini berhasil memperlambat tingkat kelahiran dari 6 anak per wanita tahun 1970-an menjadi 2,4 anak per wanita di tahun 2017. Program ini adalah salah satu bukti keberhasilan yang memberdayakan perempuan di seluruh Indonesia.

 

Baca juga: Perempuan Mewujudkan Kesetaraan Gender

 

Bentuk-bentuk pemberdayaan perempuan tersebut adalah bentuk dasar yang merupakan hak bagi seluruh perempuan. Oleh karena itu, sangat penting bagi perempuan untuk mengambil peran dan berada di tingkat kepemimpinan yang ikut mengambil keputusan yang menguntungkan bagi perempuan lainnya. Hal ini akan menguntungkan bukan hanya bagi perempuan, tetapi juga bagi bagi bangsa dan negara. Seperti yang Puan Maharani sampaikan di sebuah acara peringatan Hari Kartini bulan April lalu, “Taruh persoalan berat di hadapan perempuan Indonesia, maka Insya Allah perempuan bisa menemukan solusinya,” ujar Puan seperti yang dikutip dari republika.co.id.

Bagikan artikel ini:

Lihat artikel lainnya

PERAN PEREMPUAN DALAM POLITIK

Untuk memahami bagaimana peran perempuan dalam politik di Indonesia saat ini, tentunya terlebih dahulu kita harus melihat perjalanan…

BERITA DUNIA31 August 2021

PEREMPUAN MEWUJUDKAN KESETARAAN GENDER

Kemajuan sebuah peradaban dalam masyarakat sangat tergantung pada peran perempuan. Perempuan mengambil peran dalam berbagai bidang.…

BERITA DUNIA14 September 2021

WORK LIFE BALANCE BAGI PEREMPUAN

Semakin ke sini, sudah lazim rasanya perempuan memiliki peran ganda. Apalagi, bagi perempuan yang sudah menikah dan berkeluarga. Mereka…

BERITA DUNIA12 July 2021