LIMA MANFAAT MINUM KOPI

Oleh Adya Kananga

BERITA DUNIA09 August 2021

Lima Manfaat Minum Kopi

Image hanya ilustrasi

Bagi banyak orang, kopi adalah sebuah kenikmatan rutin yang diminum setiap hari. Tak heran, kopi menjadi salah satu minuman terfavorit di dunia. Kopi memiliki berbagai kandungan yang mendatangkan banyak manfaat bagi tubuh kita.

 

Di Indonesia sendiri, varian kopi sangat beragam dari Sabang sampai Merauke. Sebagian besar petani kopi di Indonesia merupakan UMKM yang perlu kita dukung. Seruan mendukung UMKM ini juga dilontarkan oleh Puan Maharani saat mengunjungi pelaku UMKM di Gianyar, Bali. “Para pelaku UMKM ini akan menggerakan perekonomian lokal dan nasional.”, ujarnya seperti dikutip dari antaranews.com.

 

Simak 5 alasan mengapa kopi baik untuk tubuh kita.

1.   Mengurangi Risiko Kanker

Kopi dapat memperbaiki respon antioksidan dan mengurangi peradangan dalam tubuh, yang sangat penting dalam mencegah kanker. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Institute Amerika untuk Penelitian Kanker, konsumsi kopi dapat mungkin mengurangi risiko kanker endometrial dan kanker hati. Dalam penelitian studi lain yang dilakukan pada hewan, zat polifenol yang terdapat di dalam kopi juga terbukti dapat menghindari pertumbuhan sel kanker.

 

2.   Hidup Lebih Panjang

Sebuah penelitian di Amerika menunjukkan konsumsi kopi terkait dengan berkurangnya risiko kematian hingga 8 hingga 15%. Dengan mengkonsumsi kopi, kita kemungkinan memiliki umur yang lebih panjang.

 

3.   Mengurangi Risiko Diabetes

Dalam jangka pendek, kafein dalam kopi dapat meningkatkan kandungan gula dalam darah. Namun, data penelitian jangka panjang memperlihatkan para peminum kopi memiliki risiko lebih kecil menderita diabetes tipe-2 dibandingkan dengan orang yang bukan peminum kopi. Kopi memiliki zat polifenol dan magnesium yang bisa memperbaiki metabolisme insulin dan glukosa dalam tubuh. Tetapi, pastikan kopi yang kamu minum tidak banyak mengandung gula ya!

 

4.   Terhindar dari Depresi

Zat polifenol pada kopi dapat berperan sebagai antioksidan yang bisa mengurangi kerusakan sel tubuh dan mengurangi stres. Kemungkinan, kopi bermanfaat sebagai anti-depresan bagi sebagian orang. Konsumsi kopi bisa meningkatkan konsentrasi, mengurangi keresahan, dan meningkatkan mood. Namun perlu diperhatikan untuk orang yang sensitif terhadap kafein, konsumsi kopi malah akan menyebabkan keresahan dan insomnia.

 

5.   Terhindar dari penyakit Alzeimer dan Parkinson

Meminum kopi dapat membantu tubuh menghasilkan dopamin. Bagi orang-orang yang terbiasa meminum kopi, peningkatan kadar dopamin dalam tubuh bisa mengurangi risiko penyakit Parkinson. Parkinson biasanya disebabkan oleh level dopamin yang rendah. Penelitian menunjukkan minum kopi secara rutin dapat mengurangi risiko Parkinson hingga 25%.

 

Baca juga : Yuk, Berolahraga untuk Kesehatan Mental!

 

Apakah kopi baik untuk kamu?

Kalau kamu memiliki kadar kolesterol tinggi, sedang hamil, anak-anak, atau sensitif terhadap kafein, kamu harus lebih hati-hati mengkonsumsi kopi.

 

Biji kopi memiliki ‘minyak kopi’ yaitu cafestol dan kahweol yang dapat meningkatkan level kolesterol jahat (LDL). Untuk mengurangi efek tersebut, kamu bisa memproses kopi dengan menggunakan tahap penyaringan. Beberapa jenis kopi yang tidak disaring, seperti espresso, kopi turki, kopi dengan french press, atau kopi tubruk, masih mengandung minyak kopi yang bisa meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam tubuhmu.

 

Apabila kamu sedang mengandung, sebaiknya tidak minum kopi. Kandungan kafein yang masuk ke dalam tubuh ibu bisa memengaruhi kondisi janin. Hasil penelitian menunjukkan konsumsi kopi berkaitan dengan keguguran dan janin yang berat badannya kurang. Apabila kamu sudah terbiasa minum banyak kopi, setidaknya kurangi konsumsi kopi saat kamu hamil. Ibu hamil juga disarankan untuk minum kafein kurang dari 400 gram sehari atau tidak lebih dari 2 gelas kopi setiap harinya.

 

Minum kopi dalam jumlah yang masuk akal dapat mendatangkan kebaikan pada badan kita. Kopi bisa membuat kita terhindar dari penyakit, membuat pikiran dan otot bekerja lebih baik, atau bahkan bisa mengurangi berat badan.

 

Selama kamu meminum kopi yang baik dan tidak berlebihan, kamu bisa menikmati kopi dan mendapatkan manfaatnya bagi tubuh kamu. Dengan mengkonsumsi kopi, kamu juga bisa membantu para pelaku UMKM yang berjualan kopi untuk bertahan dalam masa pandemi. Hal ini juga diserukan oleh Puan Maharani seperti yang dilansir dari kompasiana.com, Ketua DPR RI Puan Maharani mengajak masyarakat membeli dan mengkonsumsi produk UMKM. Selain bisa menikmati kopi dari berbagai daerah di Indonesia, secara tidak langsung kita juga bisa membantu ekonomi Indonesia untuk pulih.

 

Selamat meminum kopi!

 

Bagikan artikel ini:

Lihat artikel lainnya

PERGERAKAN PEREMPUAN INDONESIA DARI MASA KE MASA

Perempuan Indonesia selalu ikut berpartisipasi dalam perjuangan memajukan bangsa dari masa ke masa. Pergerakan perempuan lahir dari…

BERITA DUNIA24 August 2021

3 WANITA HEBAT DAN BERPENGARUH DI INDONESIA

Menjadi seorang wanita hebat Indonesia yang menduduki peran penting dalam sebuah negara bukanlah sesuatu yang mudah. Anda harus memiliki…

BERITA DUNIA02 July 2021

PERAN PEREMPUAN DALAM POLITIK

Untuk memahami bagaimana peran perempuan dalam politik di Indonesia saat ini, tentunya terlebih dahulu kita harus melihat perjalanan…

BERITA DUNIA31 August 2021