5 PEREMPUAN INDONESIA DALAM KANCAH DUNIA

Oleh Adya Kananga

BERITA DUNIA29 July 2021

Perempuan Indonesia Satu - 5 Perempuan Indonesia dalam Kancah Dunia

Image hanya ilustrasi

Banyak perempuan Indonesia yang sangat berprestasi dan mendapatkan berbagai penghargaan di dalam maupun luar negeri. Perempuan memang berdaya, tekun, dan mampu menelurkan karya di berbagai bidang. Kemajuan perempuan ini sangat penting karena akan berperan dalam menentukan kemajuan suatu bangsa.

 

Hal ini juga pernah disampaikan salah seorang tokoh perempuan Indonesia, Puan Maharani. Dilansir dari ketik.unpad.ac.id, di acara peringatan Hari Perempuan Internasional 2021 (8 Maret 2021), Puan menekankan bahwa perempuan Indonesia adalah perempuan yang hebat dan tangguh, yang ikut menentukan majunya bangsa Indonesia ke depan.

 

Siapa saja tokoh-tokoh perempuan Indonesia yang membanggakan hingga ke dunia internasional, simak informasi berikut ini.

 

Adi Utarini

Prof. dr. Adi Utarini, M.Sc., M.P.H, PhD adalah seorang peneliti kenamaan Indonesia yang prestasinya diakui di dunia internasional. Ia berhasil menurunkan 77% kasus demam berdarah di Yogyakarta, melalui modifikasi genetik nyamuk Aedes aegypti. Atas keberhasilannya tersebut, majalah Nature memberikan penghargaan kepadanya sebagai salah satu dari 10 orang di dunia yang membentuk sains pada tahun 2020.

 

Penyakit demam berdarah telah menyerang lebih dari 400 juta orang setiap tahunnya terutama di Asia, Afrika, dan Amerika Selatan. Ilmuwan yang akrab dipanggil Profesor Uut ini memodifikasi nyamuk, hingga nyamuk tersebut membawa bakteri yang disebut Wolbachia. Keberadaan bakteri dalam nyamuk itu bisa efektif menghambat transmisi virus dari nyamuk ke manusia. Profesor Uut kemudian melepaskan ribuan telur nyamuk hasil modifikasi tersebut ke berbagai daerah di Yogyakarta. Beberapa bulan, upayanya tersebut terbukti berhasil mengurangi infeksi demam berdarah di Yogyakarta. Hasil penelitiannya ini akhirnya menjadi contoh untuk merentasan virus di berbagai belahan dunia lainnya.

 

Diana Rikasari

Diana Rikasari yang akrab dipanggil Diana adalah seorang seniman, penulis buku, dan perancang busana. Perempuan yang kini tinggal di Switzerland ini memiliki beberapa lini bisnis seperti iwearup, schmileymo, dan bydianarikasari. Diana juga telah menelurkan tetralogi buku yang berjudul #88lovelife dan 1 buku anak-anak berjudul My Rainbow Days. Beberapa buku tersebut masuk ke dalam buku penjualan terbaik di Indonesia dan Malaysia, serta ikut dipamerkan dalam pagelaran buku terbesar di dunia, Frankfurt Book Fair.

 

Sebagai perancang busana, kini Diana aktif membuat karya upcycling. Upcycling adalah seni mengubah baju/kain/bahan bekas menjadi baju baru. Karya upcycling merupakan upaya Diana mempromosikan sustainable fashion. Karyanya sudah malang melintang di berbagai pagelaran busana dunia seperti di Inggris, Kanada, dan lainnya. Beberapa sandal yang ia rancang juga masuk ke dalam film besutan Disney, Star Girl. Atas keunikan seni dan gaya busananya, Museum Historisches und Völkerkundemuseum di Swiss memberikan penghargaan dalam bentuk patung lilin.

 

Windy Cantika Aisah

Atlet asal Bandung, Windy Cantika Aisah, berhasil mendapatkan medali pertama Indonesia pada Olimpiade Tokyo 2020, melalui cabang olahraga angkat besi. Windy berhasil merebut medali perunggu pada kelas 49 kg. Ia mencatat angkatan dengan total 117 kilogram, melalui snatch 80 kilogram dan clean and jerk 97 kilogram.

 

Prestasi ini merupakan prestasi terbaik yang ia catat, setelah sebelumnya Windy berhasil merebut medali emas pada SEA Games 2019, perak pada Kejuaraan Dunia Angkat Besi Junior 2019, dan medali emas POPNAS 2017. Dilansir dari liputan6.com, prestasi yang sangat membanggakan ini adalah buah dari perjuangan Windy yang memulai latihan angkat besi sejak kelas 2 SD. Ibunya, Siti Aisah, yang juga atlet angkat besi Indonesia memberikan bimbingan langsung untuknya.

 

Baca Juga : 4 Peremuan dalam Bidang Sosial Budaya

 

Puan Maharani

Puan Maharani adalah salah satu tokoh perempuan Indonesia yang memiliki banyak prestasi. Ia adalah perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR RI. Puan sejak usia muda telah berkarya di bidang politik. Ia menorehkan prestasi sejak menjadi anggota DPP KNPI Bidang Luar Negeri pada tahun 2006. Atas prestasinya, anak perempuan Megawati Soekarnoputri yang besar di keluarga petinggi politik Indonesia ini dipercaya oleh presiden menjadi Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia, sebelum akhirnya menjabat sebagai Ketua DPR RI.

 

Pada kancah internasional, Puan sangat aktif mengedepankan kerjasama antar negara. Belum lama ini dalam pertemuan World Conference of Speakers of Parliament yang diadakan 5 tahun sekali, Puan menekankan pentingnya kerja sama internasional dalam menangani masalah pandemi, seperti yang dilansir dalam mediaindonesia.com. Dalam acara tersebut, Puan juga berujar, “Kerja sama internasional merupakan hal yang mutlak untuk dilakukan sebagai upaya meneguhkan kembali komitmen kita akan prinsip multilateralisme yang menjunjung tinggi solidaritas, dan kolaborasi,". Kini, Puan semakin aktif memperjuangkan kepentingan Indonesia dan mempromosikan Indonesia di tingkat internasional melalui konferensi-konferensi tingkat internasional.

 

Tri Mumpuni

Tri Mumpuni dapat dibilang sebagai penerang dalam gulita. Ia berhasil membangun sumber energi listrik pada lebih dari 65 desa terpencil di Indonesia dan satu di Filipina, yang tadinya belum terjangkau listrik. Direktur Eksekutif dari IBEKA, sebuah lembaga swadaya non-profit, ini telah bekerja lebih dari 15 tahun membangun komunitas masyarakat desa melalui pengembangan listrik dari energi mikrohidro.

 

Tri Mumpuni memiliki tujuan besar untuk memajukan kesejahteraan masyarakat desa yang mandiri. Ia meyakini bahwa listrik dan air bersih adalah pintu masuk bagi kemajuan ekonomi suatu desa. Atas prestasinya tersebut, ia telah mendapatkan berbagai penghargaan dalam dan luar negeri. Ia merupakan salah satu dari 500 tokoh muslim yang paling berpengaruh di dunia tahun 2021. Ia juga mendapatkan penghargaan dari Ashden, lembaga swadaya masyarakat Inggris yang terlibat dalam energi ramah lingkungan, pada tahun 2012.

Bagikan artikel ini:

Lihat artikel lainnya

TIPS MENYEIMBANGKAN KARIER DAN KELUARGA BAGI PEREMPUAN

  Saat ini, perempuan bekerja bukanlah sesuatu yang asing lagi. Bahkan, banyak temuan yang menyebut bahwa perempuan lebih mudah…

BERITA DUNIA23 July 2021

CARA MENGATASI BURNOUT DALAM KARIR PEREMPUAN

Perempuan adalah ahli dari berbagai keahlian. Perempuan adalah pengasuh, edukator, koki, akuntan, dan sebagainya, yang bahkan di luar…

BERITA DUNIA16 July 2021

DAMPAK PANDEMI PADA PEREMPUAN

  Walaupun pandemi tidak mengenal gender, namun perlu diakui dampaknya sangat besar bagi kamu perempuan dan perempuan pun memiliki…

BERITA DUNIA11 June 2021