3 WANITA HEBAT DAN BERPENGARUH DI INDONESIA

Oleh Tim Perempuan Indonesia Satu

BERITA DUNIA02 July 2021

Perempuan dalam Pandemi

Gambar hanya ilustrasi.

Menjadi seorang wanita hebat Indonesia yang menduduki peran penting dalam sebuah negara bukanlah sesuatu yang mudah. Anda harus memiliki kemampuan dan prestasi dalam suatu bidang untuk bisa meraihnya. Bahkan setelah berhasil meraih posisi tersebut, kinerja Anda akan terus diperhatikan sehingga Anda harus terus menunjukkan kinerja terbaik Anda.

Namun, 3 wanita berpengaruh di Indonesia ini membuktikan kemampuannya. Tidak hanya berhasil menjadi menteri yang mampu menjalankan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik saja, mereka bahkan berhasil meraih penghargaan selama menjabat.

 

3 Wanita Hebat dan Berpengaruh di Indonesia

1. Puan Maharani

Nama Puan Maharani sudah tidak asing lagi di kancah politik. Bukan hal yang mengherankan, sebagai cucu dari proklamator Indonesia dan putri tunggal dari Presiden Indonesia ke-5, Puan Maharani memang sudah mengenal dunia politik sejak lama.

Saat ini, Puan Maharani menduduki jabatan sebagai ketua DPR Indonesia periode 2019-2024 dan berhasil mencatat sejarah sebagai ketua DPR wanita pertama di Indonesia. Sebelumnya, Puan Maharani juga dipercaya menempati posisi sebagai Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan. 

Posisi tersebut membuatnya berhasil meraih MURI (Museum Rekor Indonesia) sebagai Menteri Koordinator termuda sejak berdirinya Menko PMK. Tidak hanya itu saja, selama masa kepemimpinannya, Puan Maharani juga berhasil mengantarkan situs Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan meraih penghargaan e-transparency award 2014 sebagai website terbaik dan website progressive dari Paramadina Public Policy Institute (PPPI).

2. Sri Mulyani Indrawati

Prestasi Sri Mulyani dalam bidang keuangan memang sudah tidak diragukan lagi. Sebelum menjadi Menteri Keuangan Indonesia pada periode sekarang, Sri Mulyani juga pernah menduduki posisi Menteri Keuangan pada periode 2005-2010 dan beberapa jabatan menteri lainnya, seperti Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (2004-2005) dan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (2008-2009).

Pada saat menjabat sebagai Menteri Keuangan di periode sebelumnya, Sri Mulyani berhasil meraih beberapa penghargaan, yaitu Finance Minister of the Year pada tahun 2006 dari Euromoney Magazine dan juga Best Finance Minister in Asia dari Emerging Market Forum. Pada tahun 2008, Sri Mulyani berhasil mendapat ranking 23 pada Forbes Magazine sebagai most powerful women in the world.

Prestasi yang belum lama ini berhasil didapatkannya yaitu Best Minister Award pada Pertemuan Tahunan ke-6 KTT Pemerintah Dunia tahun 2018 di Dubai. Berbagai prestasi yang berhasil didapatkannya disertai dengan kinerja nyatanya selama menjabat sebagai menteri membuatnya menjadi salah satu wanita berpengaruh di Indonesia.

3. Retno Marsudi

Retno Marsudi merupakan Menteri Luar Negeri Indonesia yang menjabat sejak tahun 2014 dan berhasil menjadi wanita pertama yang berhasil menduduki posisi tersebut. Sebelumnya, Retno Marsudi menduduki jabatan sebagai Duta Besar Indonesia untuk Norwegia (2005-2008) dan Duta Besar Indonesia Untuk Belanda (2012-2014).

Retno Marsudi berhasil membawa Indonesia menjadi anggota tidak tetap dewan keamanan PBB (2019-2020) dan anggota dewan HAM PBB (2020-2022). Pada 2017, wanita hebat Indonesia ini menerima penghargaan Agent of Change Award dari United Nations Entity for Gender Equality and the Empowerment of Women (UN Women) dan Global Partnership Forum (GPF). 

Pada 2018, Retno Marsudi berhasil meraih penghargaan tertinggi dari pemerintah Peru yaitu El Sol del Peru atau The Sun of Peru dengan peringkat Grand Cross. Selain dari yang telah disebutkan di atas, Retno Marsudi masih memiliki banyak prestasi dan penghargaan baik sebelum dan saat sedang menjabat sebagai Menteri Luar Negeri Indonesia.

 

Baca juga: Peran Perempuan sebagai Penjaga Keberagaman

 

Pada dasarnya, tidak peduli apakah gendernya semua tetap dapat berprestasi dan melakukan tanggung jawabnya saat menduduki sebuah jabatan. Siapa pun orangnya bisa menjadi wanita hebat Indonesia selama terus berusaha melakukan yang terbaik dalam semua jabatan yang dipercayakan pada Anda. Bahkan, Anda juga bisa menjadi wanita berpengaruh di Indonesia ketika berhasil menunjukkan prestasi luar biasa yang bermanfaat bagi Anda maupun lingkungan sekitar Anda. Jadi selalu lakukanlah yang terbaik untuk semua tanggung jawab yang dipercayakan pada Anda.

 

 

Bagikan artikel ini:

Lihat artikel lainnya

MANFAAT MEMBACA BUKU BAGI PEREMPUAN

Kemampuan membaca adalah salah satu keahlian sangat bermanfaat bagi perempuan. Melalui membaca perempuan bisa memiliki pengetahuan…

BERITA DUNIA04 September 2021

PENTINGNYA PERENCANAAN KEUANGAN UNTUK PEREMPUAN

Pengetahuan seputar perencanaan keuangan sebaiknya dimiliki oleh perempuan yang pada umumnya bertindak sebagai manajer keuangan dalam…

BERITA DUNIA21 September 2021

5 KENDALA YANG DITEMUI PEREMPUAN KALA MENJADI PEMIMPIN

Saat ini, posisi pemimpin tak lagi dimonopoli oleh kaum pria. Perempuan pun banyak yang menduduki posisi pemimpin di berbagai aspek…

BERITA DUNIA09 July 2021